KESENIAN OJHUNG DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DESA BUNBARAT KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP TAHUN 1960-2005

  • ABDULLAH ABBAS

Abstract

Kesenian Ojhung merupakan Kesenian tradisional masyarkat Desa Bunbarat Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep yang dilaksanakan dalam rangkaian tradisi sedekah Bumi.Kesenian Ojhung di Desa ini bukanlah kesenian ritul memnggil hujan melainkan kesenian trdisional yang diyakini masyarakat dapat menolak segala musibah yang mendekati Desa Bunbarat khususnya musibah Carok.Dalam perkembangannya Kesenian Ojhung tidak mengalami banyak perubahan. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Kesenian Ojhung di Desa Bunbarat disebaban keunikan dari kesenian ini dan juga perbedaan fungsi dari kesenian Ojhung pada umumnya

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perkembangan Kesenian Ojhung Di Desa Bunbarat Tahun 1960-2005; (2) Bagaimana hubungan kesenian Ojhung dengan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Bunbarat Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah meliputi Heuristik, Kritik, Interpretsi, dan Historiografi.

Hasil penelitian ini adalah menjelaskan sejarah lahirnya Kesenian Ojhung yang dilatar belakangi oleh berbagai permasalahan dan maraknya carok.Kesenian ini diciptakan oleh kiai M. Syaqim. Perkembangan Kesenian Ojhung dibagi menjadi empat yaitu sebelum tahun 1960, periode tahun 1960-1969, periode 1969-1998, dan 1998-2005. Sebelum tahun 1960 kesenian Ojhung hanya boleh dipentaskan oleh para jawara-jawara desa.Tahun 1960-1969 Kesenaian Ojhung diperbolehkan dimainkan oleh seluaruh elemen masyarakat.Dan pada tahun ini masyarakat desa Bunbarat menjadikan Kesenian Ojhung sebagai kesenian tradisional masyarakat Bunbarat dan memperbolehkan pemain dari luar Desa Bunbarat Tahun 1969-1998 pada akhir periode kesenian Ojhung dilaksanakan dengan sangat sederhana.Pada periode tidak ada perubahan apapun dalam pementasan Kesenian Ojhung.Tahun 1998-2005 pada periode ini Kesenian Ojhung sempat absen dalam kegiatan sedekah bumi yang disebabkan karena maraknya kampanye dalam pementasannya.pada periode pementasan kesenian Ojhung menggunakan pengeras suara dan iringan musik.

Kesenian Ojhung merupakan sebuah ritual yang sangat penting dalam tradisi sedekah Bumi di Desa Bunbarat.kesenian ini dianggap sebagai penolak musibah khususnya carok.

Kata kunci : Kesenian Ojhung, Tradisi Sedekah Bumi    

Published
2017-01-13
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 208