POLEMIK PELAKSANAAN SISTEM PENDIDIKAN PANTJAWARDHANA TAHUN 1959 - 1965

  • AANG KURNIAWAN

Abstract

Tahun 1959 pendidikan Indonesia sangat dipengaruhi oleh politik. Tekanan politik didapatkan karena keadaan negara berubah dari demokrasi liberal menuju demokrasi terpimpin. Hal tersebut membuat segala sektor harus berlandaskan Manipol termasuk dalam bidang pendidikan. Sistem pendidikan Pantjawardhana adalah implementasi Manipol dan USDEK dalam bidang pendidikan. Gerakan ideologis terjadi diluar pelaksanaan kurikulum. Gerakan ideologis muncul karena disebabkan permasalahan. Silang pendapat penafsiran sistem pendidikan pantjawardhana menjadi penyebab utama gerakan ideologis muncul. Permasalahan yang dijadikan masalah terdapat pada nilai dan asas yang dianggap kurang. Selama pelaksanaan Pantjawardhana, nilai moral Pantjatjinta muncul dan dipaksakan sejalan dengan Pantjawardhana. Alhasil, polemik membuat pendidikan “terpecah” , seperti terjadi di lembaga fital bidang pendidikan PGRI dan rusuh di Dept. P.D & K. Bipolarisasi terjadi di bidang pendidikan. Muncul dua golongan besar pendukung dan penolak Pantjawardhana dan Pantjatjinta.

Kata Kunci : sistem pendidikan, pantjawardhana, kekuasaan struktural, polemik

Published
2017-01-16
Abstract Views: 320
PDF Downloads: 487