LELANG BANDENG TRADISIONAL DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 1969 - 2006

  • Kuni Masyitoh

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu daerah penghasil budidaya tambak bandeng terbesar dan terbaik di Jawa Timur. Budidaya tambak bandeng ini menghasilkan suatu tradisi baru dalam kehidupan beragama masyarakat Sidoarjo. Tradisi itu berupa kegiatan lelang bandeng tradisional yang diadakan untuk peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Sidoarjo. Lelang bandeng ini sangat unik dan berbeda dengan sistem lelang ikan pada umumnya. Kegiatan ini dapat mengumpulkan dana mencapai ratusan juta rupiah dari penawaran empat ekor bandeng kawak.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu : (1) Mengapa diadakan lelang bandeng di Sidoarjo? (2) Bagaimana proses pelaksanaan lelang bandeng di Sidoarjo Tahun 1969 - 2006? (3) Bagaimana konstribusi lelang bandeng terhadap kehidupan sosial - ekonomi masyarakat Sidoarjo?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang memiliki beberapa tahapan dalam penelitian, diantaranya: (1) heuristic, (2) kritik, (3) interpretasi, (4) historiografi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lelang bandeng diadakan untuk memperkuat identitas Kabupaten Sidoarjo sebagai penghasil bandeng terbaik di Jawa Timur. Lelang bandeng juga diadakan untuk hiburan bagi masyarakat dan mengumpulkan dana sosial. Proses pelaksanaan lelang bandeng meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penutupan, serta diikuti oleh beragam kegiatan pendukung seperti pasar rakyat, kirab bandeng dan lainnya. Kontribusi lelang bandeng bagi kehidupan sosial misalnya, adanya festival hasil budidaya tambak, adanya kegiatan untuk peningkatan kualitas budidaya tambak, dan terciptanya dana untuk kegiatan sosial. Kontribusi lelang bandeng bagi kehidupan ekonomi adalah misalnya, peningkatan pendapatan bagi petani tambak dan masyarakat, sebagai sarana pemasaran produk dan pengembangan ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan berupa tas, mainan tradisional, dan aneka olahan bandeng.
Kata Kunci: Lelang, Bandeng, Sidoarjo.

Published
2017-04-09
Abstract Views: 894
PDF Downloads: 3165