PERKEMBANGAN PT. PELINDO III SURABAYA TAHUN 1960-2008

  • Fitria Rahmadhani

Abstract

Indonesia adalah negara maritim dan mempunyai kepulauan terbesar di dunia.  Salah satu penunjangnya adalah pelabuhan. Pelabuhan-pelabuhan yang berada di Indonesia mengalami maju mundur karena pengelolaan pelabuhan itu sendiri. Pelabuhan-pelabuhan di Indonesia dalam pengelolaannya ada sejak zaman pemerintah hindia Belanda. Pengelolaan pelabuhan-pelabuhan tersebut tidak lepas dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

Rumusan masalah yang dibahas adalah (1)Bagaimana perkembangan PT. PELINDO III SURABAYA TAHUN 1960-2008? (2) Bagaimana kontribusi ekonomi dan sosial adanya PT. PELINDO III terhadap masyarakat Surabaya. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis Perkembangan dari PT. PELINDO III yang berpusat di Surabaya dan kontribusinya terhadap masyarakat Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap heuristik dilakukan dengan mengumpulkan sumber yang menunjang penelitian baik berupa data sejaman maupun data sekunder yaitu buku, tahap selanjutnya adalah kritik intern dengan menilai relevan atau tidaknya sumber yang didapatkan, tahap ketiga adalah interpretasi dengan mencari hubungan antar fakta kemudian menganalisisnya dan tahap keempat adalah historiografi yaitu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk tertulis.

Berdasarkan hasil analisis terhadap data-data dan sumber-sumber yang didapatkan, diperoleh hasil bahwa Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terus mengalami peningkatan dalam pengelolaannya sehingga dapat memajukan kegiatan pelayaran dan perdagangan. Perkembangan pengelolaan pelabuhan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terbagi menjadi Perusahaan Negara Pelabuhan, Badan Pengusahaan Pelabuhan, Perusahaan Umum Pelabuhan, dan Perusahaan Pelabuhan Indonesia yang mengelola empat pelabuhan pusat di Indonesia.

PT. PELINDO III merupakan Badan Usaha Milik Negara yang saat ini statusnya mengelola Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebagai pusatnya. Pelabuhan Tanjung Perak memiliki arti penting bagi perekonomian di Surabaya, yaitu sebagai pintu gerbang perdagangan dan fasilitator distribusi barang baik ekspor-impor untuk Internasional ataupun lokal.Ramai arusnya perdagangan di Pelabuhan Tanjung Perak ini tidak lepas dari posisi Pelabuhan Tanjung Perak sebagai daerah Hinterland.Kontribusi adanya PT PELINDO III terhadap ekonomi dan sosial masyarakat Surabaya yaitu : a. Bidang Ekonomi : 1) Ekspor Impor; 2) Bongkar muat di UPTK; 3) Kegiatan Pelayaran. b. Bidang Sosial : 1) Pegawai PT. PELINDO III; 2)  Buruh pelabuhan; 3) Koperasi dan Pengusaha kecil; 4) Pedagang kaki lima..

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Pelabuhan Tanjung Perak, PT. PELINDO III.

Published
2017-06-16
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 75