MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN SAMPURNAN BUNGAH GRESIK TAHUN 1947-2004

  • Puji Djulfikri Abdullah

Abstract

Modernisasi Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik   merupakan sebuah modernisasi yang membahas tentang sebuah transisi dari pendidikan Non-Klasikal sampai dengan Pendidikan Klasikal. Pendidikan Non-Klasikal yaitu pendidikan pondok pesantren yang masih bersifat tradisional sedangkan pendidikan klasikal yaitu pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga sampai perguruan tinggi. Pondok Pesantren Qomaruddin ini terletak di Dusun Sampurnan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Kiai-Kiai di pondok pesantren Qomaruddin merupakan sosok peran sentral bagi kemajuan maupun perkembangan sarana-prasarana di Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik. 

         Rumusan Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana latar belakang Modernisasi Sistem Pendidikan dilakukan diPondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik. (2) Bagaimana Modernisasi Sistem Pendidikan yang diterapkan diPondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik . (3)Bagaimana Peran Kiai dalam menyikapi modernisasi sistem pendidikan di Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik. Penelitian ini juga menggunakan Metode penelitian sejarah yang meliputi Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi.

         Hasil Penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Modernisasi Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Qomaruddin sangatlah berkembang pesat karena jika di tinjau dari jenis tingkatan, Pondok Pesantren Qomaruddin memiliki pendidikan formal dari Tingkat Dasar hingga perguruan tinggi. Pondok Pesantren Qomaruddin didirikan oleh Kiai Qomaruddin pada tahun 1775 M. Pada awalnya nama pesantren ini adalah Pondok Pesantren Sampurnan, kemudian tahun 1967 menjadi Darul Fiqih dan tahun 70-an berganti nama lagi menjadi Pondok Pesantren Qomaruddin. Selain itu Sistem Kurikulum di Pondok Pesantren Qomaruddin sudah berafiliasi ke Deaprtemen Pendidikan maupun Departemen Agama. Pondok Pesantren Qomaruddin merupakan Pondok yang sudah berumur dua abad lebih dan sudah mempunyai perkembangan-perkembangan yang sudah mengalami perubahan yang hampir merata di segala segi baik Kurikulum, Infrastruktur, Pendidik, Metode dan lain sebagainya. Selain itu banyak Alumni santri Pondok Pesantren Qomaruddin yang sudah menjadi tokoh-tokoh penting di masyarakat sekitar baik dari bidang agama maupun di lembaga pemerintahan. Dan yang terpenting Kiai di Pondok Pesantren Qomaruddin bukan hanya berperan penting dalam mendidik santrinya didalam pondok saja, akan tetapi Kiai di Pondok Pesantren Qomaruddin jugan berkewajiban untuk mendidik masyarakat sekitar agar tidak tergerus arus-arus Modernisasi yang bersifat negatif bagi masyarakat.

 

Kata Kunci: Pondok Pesantren, Kiai Qomaruddin, Pendidikan Pesantren, Peran Kiai, Modernisasi

                     Pondok Pesantren. 

Published
2017-06-19
Abstract Views: 270
PDF Downloads: 162