PERKEMBANGAN MUSLIMAT NU CABANG LAMONGAN BIDANG EKONOMI DAN KOPERASI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TAHUN 1994-2015

  • hikmah Nur Hidayah

Abstract

Muslimat NU merupakan salah satu organisasi perempuan yang lahir karena adanya cita-cita R.A Kartini yang menginginkan kaum perempuan untuk dapat berkarya dan setara dengan kaum laki-laki. Dahulu sekolah-sekolah hanya menerima kaum laki-laki sebagai murid, tetapi sekarang kaum perempuan juga diperbolehkan untuk bersekolah bersama kaum laki-laki. Perkembangan tersebut terus berjalan hingga banyak pula organisasi-organisasi perempuan yang lahir, termasuk Muslimat NU. Muslimat NU sangat besar peranan dan perkembangannya, begitu juga dengan Muslimat NU Cabang Lamongan yang merupakan salah satu organisasi perempuan NU yang besar di Jawa Timur. Perkembangan Muslimat NU Cabang Lamongan sangat memperlihatkan peranannya pada tahun 1994 dengan bidang-bidang yang dilaksanakan, terutama bidang ekonomi dan Koperasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang terus berkembang dan meningkat.

Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini, antara lain : (1) mengenai Keagamaan dan perekonomian yang ada di Kabupaten Lamongan ; (2) Nahdlatul Ulama dan Muslimat NU Cabang Lamongan ; dan (3) Perkembangan Muslimat NU Cabang Lamongan Bidang Ekonomi dan Koperasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tahun 1994-2015. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan empat tahap, yaitu : heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan Muslimat NU Cabang Lamongan dari Tahun 1994-2015 selalu mengalami peningkatan dalam berbagai bidang yang dilaksanakan terutama bidang Ekonomi dan Koperasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE), karena bidang ini dapat mencakup ke wilayah Anak Cabang dan Ranting hampir diseluruh Kabupaten Lamongan.

 

Kata Kunci: Agama dan Ekonomi, Muslimat NU Cabang Lamongan, Kelompok Usaha Bersama.

Published
2017-07-17
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 193