PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KANDANGAN KEDIRI

  • LISA PONILA SARI

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah praktik pengajaran sejarah disekolah, guru hanya membeberkan fakta-fakta dan model serta teknik pengajarannya tidak variatif. Umumnya kurang disadari bahwa sejarah itu memiliki sifat-sifat khas yang memerlukan keterampilan istimewa untuk mengajarkannya sehingga hasil belajar siswa menurun.  Tujuan Penelitian ini adalah. (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kandangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT); (2) Menerapkan metode Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran sejarah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-3 SMAN 1 Kandangan Kediri yang terdiri dari 42 siswa pada semester genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi, lembar penilaian psikomotorik, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas guru dalam melaksanaan metode Numbered Head Together (NHT), analisis data aktivitas siswa terhadap metode Numbered Head Together (NHT) dan analisis data hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kandangan sudah tepat dan sesuai; (2) secara klasikal terdapat 94% guru menerapkan metode NHT dengan baik, terdapat 81% siswa mampu belajar dengan NHT, sehingga nilai afektif, kognitif dan psikomotorik diperoleh 90% siswa tuntas dari 42 siswa. Dengan demikian metode NHT dapat meningkatkan hasiil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Togethe, Pembelajaran Sejarah

Published
2017-07-17
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 128