PERKEMBANGAN PABRIK ROKOK CEMPAKA KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 1982-1995

  • Ayu Oktia Wardani

Abstract

          Pabrik Rokok Cempaka merupakan sebuah pabrik yang sudah lama dirintis sejak tahun 1982 di Daerah Kabupaten Tulungangung tepatnya di daerah Tanjungsari Kec.Boyolangu, Pabrik rokok Cempaka  ini sudah mengalami berbagai perkembangan baik dibidang Produksi maupun pemasaran, dan kehebatan lainnya Pabrik rokok cempaka ini juga mampu bersaing dengan pabrik-pabrik rokok lainnya di wilayah keresidenan Kediri. Pabrik ini di dirikan oleh H.Karmaniguno Atmojo, orang asli keturunan Jawa yang mampu mendirikan pabrik rokok  dan mampu bertahan hingga saat ini.

         Pabrik Rokok Cempaka  di dirikan di Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Pembahasan skripsi ini dimulai  pada tahun 1982 sampai tahun 1995, sebab pada tahun 1982 awal merintis rokok cempaka dan berhenti pada tahun 1995, sebab pada tahun 1992 H.Karmaniguno Atmojo meninggal dunia, kemudian Pabrik Rokok Cempaka mengalami pergantian kepemimpinan yang di gantikan oleh puteranya. Pada tahun 1993 mengalami penurunan namun pada tahun 1995 mengalami peningkatan kembali dan mampu bertahan hingga  saat ini.

           Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Pabrik Rokok Cempaka di Kabupaten Tulungagung. (2) Bagaimana perkembangan Pabrik Rokok Cempaka di Kabupaten Tulungagung pada tahun 1982-1995. (3) Bagaimana Konstribusi Pabrik Rokok Cempaka terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat pada tahun 1982-1995.Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik,interprestasi, dan Historiografi.

            Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Rokok Cempaka dirintis pada tahun 1982 dan mulai mengalami kemajuan yang pesat pada tahun 1985. Bahan baku yang  digunakan untuk produksi rokok cempaka,  berasal dari wilayah Kabupaten Tulungagung dan sekitar pulau jawa. Pabrik Rokok Cempaka juga berkonstribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar pabrik khusunya dan juga masyarakat di Kabupaten Tulungagung. Konstribusi Pabrik Rokok Cempaka misalnya, bertambahnya lapangan pekerjaan di wilayah Kabupaten Tulungagung, berkonstribusi terhadap perbaikan infrastruktur dan sarana prasaran di wilayah Kabupaten Tulungagung.

            Kata Kunci: Pabrik Rokok Cempaka, Tulungagung.

Published
2017-07-17
Abstract Views: 658
PDF Downloads: 699