YAYASAN PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA DI SEPANJANG SIDOARJO TAHUN 1990-2005

  • RAFIKA PUTRI

Abstract

YPM (Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif) adalah sebuah yayasan lokal berkedudukan di Kecamatan Taman (Sepanjang) Kabupaten Sidoarjo yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan yang bersifat Nasional yaitu Lembaga Pendidikan Maarif NU yang berkedudukan di Jakarta (Jl. Taman Amir Hamzah No. 5 Jakarta Pusat). Lembaga Pendidikan Maarif  adalah sebuah Lembaga Pendidikan yang merupakan perangkat Organisasi NU yang diserahi tugas mengurusi masalah-masalah pendidikan baik formal, non formal selain pesantren.

YPM tidak berafiliasi ke mana-mana.Artinya YPM sebagai lembaga Pendidikan dan Sosial bukan milik partai dan tidak berafiliasi ke partai manapun.Orang-orang YPM bebas memilih partai tetapi tidak boleh membawa masuk politik partai ke dalam YPM.

Berdirinya Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif Taman Sidoarjo yang disingkat dengan YPM bermula dari adanya surat tugas Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif ( Lembaga Pendidikan dibawah Organisasi Nahdlatul Ulama ) Cabang Sidoarjo. Yaitu K.Nur Yahya pada tanggal 10 September 1961 pada Bapak Munier Hasyim Latief dan sesepuh di sepanjang untuk mendirikan sebuah Madrasah atau Sekolah lanjutan di wilayah Kawedanan Taman. Karena saat itu belum ada Sekolah lanjutan di Kawedanan Taman dan Krian yang dinaungi oleh Ma’arif yang dapat bertahan sampai 3 tahun. Munier Hasyim Latief dan para sesepuh menerima tugas tesebut demi mencerdaskan anak bangsa, akan tetapi dengan memberikan syarat seperti semua Madrasah Ibtidaiyah di Wilayah Kawedanan Taman (meliputi Kecamatan Taman,Krian dan Waru) mendukung pendirian sekolah lanjutan tersebut dengan mengirimkan lulusannya.

Kata Kunci: Yayasan pendidikan Ma’arif Hasyim Latif ,Sepanjang

Published
2017-07-19
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 667