KRITIK SOSIAL POLITIK LAGU-LAGU IWAN FALS PADA MASA ORDE BARU

  • MARISNA AJENG NERLY PRIMASANTI

Abstract

Judul ini diangkat karena sebagai sebuah persembahan untuk ayahanda tercinta yang sangat mencintai musik Indonesia. Perjalanan bermusik Iwan Fals yang menghasilkan berbagai macam tema lagu dalam karya bermusik inilah yang menarik untuk diteliti hal ini dikarenakan selama ini orang hanya melakukan interpretasi semata tanpa melihat sejarah dari lagu yang diteliti. Skripsi ini mengkaji tentang sejarah perjalanan karier Iwan Fals dan kritik sosial dan kritik politik yang Iwan lakukan.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut, maka dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana perjalanan karier bermusik Iwan Fals. 2) Mengapa Iwan melakukan kritik melalui lagu. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari 4 tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan yang terakhir adalah historiografi. Sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan dan kearsipan.
Hasil penelitian ini memberikan pengetahuan tentang perjalanan karier bermusik seorang Iwan Fals yang tidak mudah dan penuh cerita yang berliku mulai dari sabotase dari pemerintah sampai hanya dipenjara sehari serta semua lagu-lagunya yang disukai banyak orang karena liriknya yang mudah. Sedangkan semakin hari kritik Iwan semakin memudar tepatnya sejak kematian sang buah hati Galang Rambu Anarki pada tahun 1997. Setelah itu Iwan mulai menulis lirik tentang cinta saja. Lagu-lagu Iwan dahulupun masih bisa menginterpretasikan keadaan masyarakat Indonesia saat ini juga.
Kata kunci: Iwan Fals , Kritik Sosial, lagu

Published
2017-07-26
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 717