LEMBAGA PENDIDIKAN PENERBANGAN ANGKATAN UDARA YOGYAKARTA TAHUN 1945-1965

  • ERMA OCTAVIA P.D

Abstract

Judul ini diangkat karena Lembaga Pendidikan Penerbangan AU merupakan sebuah akademi yang melahirkan banyak sekali kadet-kadet penerbang (AURI/TNI-AU). Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) sendiri adalah bagian dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia yang mendapat tugas untuk menjaga keamanan wilayah di udara Negara Republik Indonesia, yang sekarang bernama Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU). Skripsi ini mengkaji tentang sejarah dan latar belakang pembentukan Akademi Angkatan Udara Republik Indonesia yang pertama kali di Indonesia.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut, maka dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana latar belakang berdirinya Lembaga Pendidikan Penerbangan Angkatan Udara Yogyakarta. 2) Bagaimana perkembangan pendidikan Lembaga Pendidikan Penerbangan Angkatan Udara Yogyakarta tahun 1945-1965. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari 4 tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan yang terakhir adalah historiografi. Sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan dan kearsipan.
Hasil penelitian ini memberikan pengetahuan tentang Latar belakang berdirinya Lembaga Pendidikan Penerbangan Yogyakarta karena adanya kebutuhan pemerintah akan adanya calon-calon perwira Angkatan Udara yang handal serta mampu menjaga keamanan udara Republik Indonesia yang pada saat itu masih dalam masa pasca kemerdekaan. Sedangkan Perkembangan pendidikan Lembaga Pendidikan Penerbangan AU Yogyakarta berlangsung sangat cepat dikarenakan siswa-siswa masih memiliki semangat yang sangat tinggi serta kebutuhan pemerintah juga sangat mendesak. Lembaga Pendidikan Penerbangan AU kemudian berubah menjadi Akademi Angkatan Udara dipimpin oleh seorang Komandan Jenderal yang bertanggungjawab langsung kepada MEN/PANGAU. Setiap kadet berhak memperoleh pendidikan umum yang sama untuk setiap jurusan. Pada akhir pendidikan diadakan ujian perwira untuk menentukan kelulusan. Kadet yang telah lulus melewati masa ujian pendidikan kemudian diangkat menjadi Perwira Angkatan Udara dengan pangkat Letnan Udara II. Peran Akademi Angkatan Udara sangat berpengaruh besar terhadap pendidikan militer TNI Angkatan Udara.
Kata kunci: Lembaga Pendidikan Penerbangan, AU dan Akademi Angkatan Udara

Published
2017-07-26
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 192