KEHIDUPAN KULI KONTRAK JAWA DI PERKEBUNAN TEMBAKAU SUMATERA TIMUR TAHUN 1929-1942

  • ERVIN HERDIANSYAH

Abstract

Diterapkannya politik etis oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda membuat kehidupan rakyat pribumi mengalami perubahan, atas dasar politik etis itulah banyak orang-orang Jawa berbondong-bondong meninggalkan pulau Jawa untuk mencari kehidupan yang lebih baik lagi. Salah satu tempat yang menjadi tujuan emigrasi orang-orang Jawa adalah Sumatra Timur, hal itu dikarenakan di Sumatra Timur terjadi pembukaan perkebunan secara besar-besaran oleh para investor asing. Namun kehidupan para kuli-kuli Jawa ini sangat jauh dari harapan mereka yang berharap dapat merubah nasib di tanah perantauan, para kuli-kuli ini diperlakukan secara tidak manusiawi oleh petinggi-petinggi perkebunan.

 

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini, antara lain (1) bagaimana keadaan perkebunan tempat kuli kontrak bekerja; (2) Mengapa banyak orang Jawa yang menjadi kuli kontrak di perkebunan tembakau; dan (3) bagaimana kehidupan kuli kontrak di perkebunan Sumatera Timur. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode sejarah dengan empat tahap, antara lain tahap pertama heuristik, yang merupakan tahapan untuk mengumpulkan sumber; tahap kedua kritik; ketiga tahap intepretasi, tahap melakukan perangkaian terhadap fakta yang ada berdasarkan intepretasi dalam memahami data sejarah yang telah melalui proses kritik sebelumnya; keempat historiografi, pada tahap ini peneliti melakukan penulisan sejarah.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kehidupan kuli kontrak Jawa selama bekerja di perkebunan tembakau jauh dari kata makmur, meski sudah dibangun beberapa fasilitas dan perkebunan mempunyai penghasilan terbesar di Hindia-Belanda karena hasil penjualan tembakau. Hal ini dikarenakan berbagai tindakan semena-mena dari para atasan mereka, terlebih lagi beberapa peraturan yang dilanggar oleh petinggi perkebunan. Kehidupan mereka di perkebunan tidak sesuai dengan ekspektasi awal mereka ketika mereka bekerja di perkebunan.

 

Kata Kunci: Kuli Kontrak, Tembakau, Sumatera Timur.

Published
2017-07-28
Abstract Views: 163
PDF Downloads: 797