HENGKY GUN ATLET TINJU PROFESIONAL SASANA SAWUNGGALING SURABAYA TAHUN 1983-1990

  • ATIKA SETIASIH

Abstract

Hengky Gun merupakan atlet tinju profesional yang berasal dari Ambon, namun besar sebagai petinju Surabaya. Berawal dari Setijadi Laksono yang melirik bakatmya sebagai seorang petinju dan menariknya untuk bergabung di Sasana Sawunggaling, prestasi Hengky Gun melejit sebagai petinju kelas ringan junior versi WBC serta mempertahankan sabuk juara kelas ringan junior OPBF selama lima kali berturut-turut. Hengky Gun adalah salah satu sosok atlet yang menunjukkan bahwa untuk meraih segala sesuatu tidak ada yang instan dan memerlukan kerja keras serta disiplin

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apa yang melatarbelakangi Hengky Gun menekuni olahraga tinju?; (2) bagaimana prestasi Hengky Gun sebagai atlet tinju professional tahun 1983-1990?. Permasalahan-permasalahan tersebut di berikan penjelasan dengan melakukan analisis terhadap data-data dan sumber-sumber yang didapatkan melalui tahapan metode penelitian sejarah. Tahapan metode penelitian sejarah yang dilakukan meliputi, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.

Berdasarkan hasil analisis terhadap data dan sumber-sumber yang didapatkan, diperoleh hasil bahwa Hengky Gun mengeluti dunia tinju untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga mengingat Hengky Gun berasal dari keluarga yang sederhana. Kerja keras Hengky Gun berbuah manis, jatuh bangunnya mengantarkannya menjadi juara dunia Tinju di kancah Asia-Pasifik. Prestasinya tersebut turut membawa nama baik Indonesia di bidang tinju. Diakhir perjalanan karirnya yang panjang kurang lebih satu dekade, Hengky Gun berhasil meraih gelar kelas ringan junior, dilanjutkan dengan kelas ringan junior WBC Internasional, terakhir sebelum gantung sarung Hengky meraih gelar kelas ringan junior versi OPBF.

 

Kata Kunci: Tinju, Hengky Gun, Biografi

Published
2017-07-28
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 124