ARSITEKTUR RUMAH DI KAWASAN CAGAR BUDAYA TROWULAN (STUDI PEMUKIMAN MAJAPAHIT ABAD KE-14 M)

  • RINA ARMINTIA SANI

Abstract

Pusat kerajaan Majapahit terletak di Trowulan, sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Di kecamatan Trowulan terdapat puluhan situs seluas hampir 100 kilometer persegi berupa bangunan, temuan arca, gerabah, dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit. Penelitian ini merupakan upaya untuk merekonstruksi arsitektur rumah di kawasan cagar budaya Trowulan sebagai situs Majapahit. Rekonstruksi rumah tersebut adalah rumah pada abad ke-14 M. Kondisi artefak serta situs peninggalan kerajaan Majapahit yang dapat ditemui hingga abad ke-21 sangat memberikan informasi dalam penelitian ini. Akan tetapi, artefak serta situs peninggalan kerajaan Majapahit banyak yang rusak karena alam.

Latar Belakang masalah diatas menghasilkan rumusan masalah (1) Bagaimana struktur ibukota Majapahit pada abad ke-14 M, (2) Bagaimana pola pemukiman di Majapahit pada abad ke-14 M, Bagaimana arsitektur banguan rumah di situs Trowulan sebagai situs Majapahit. Langkah yang digunakan pada metode penelitian adalah heuristik yaitu pengumpulan sumber-sumber primer maupun sekunder terkait pemukiman serta arsitektur rumah pada abad ke-14 M, kritik yaitu tahap untuk menelaah sumber yang telah ditemukan, interpretasi yaitu tahap melakukan analisis terhadap fakta-fakta yang ditemukan dari sumber baik primer maupun sekunder, historiografi yaitu tahap penyajian hasil laporan penelitian dalam bentuk tulisan dengan penulisan sejarah.

Rumah-rumah yang ada di Kota Majapahit pada masa itu beragam, mungkin keberagaman tersebut berdasarkan status sosial masing-masing pemilik rumah. Pada masa itu rumah-rumah tertata rapi dan indah. Keindahan tersebut karena di halaman rumah terdapat berbagai bunga Keindahan dari rumah-rumah pada masa Majapahit juga terlihat dari kuatnya tiang-tiang rumah, berukir indah dan berwarna-warni. Kakinya berbahan dari batu merah yang bergambar beraneka lukisan. Genting atap rumah-rumah juga menarik perhatian akan keindahannya. Selain itu, beberapa bahan yang digunakan dalam membangun rumah adalah batu berwarna merah, saat ini disebut dengan batu bata.

Kata Kunci: Kerajaan Majapahit, arsitektur, dan cagar budaya Trowulan 

Published
2017-07-28
Abstract Views: 219
PDF Downloads: 562