INDONESISCHE VOETBAL BOND MAGELANG (IVBM) : 1925-1942

  • EKO RAHMAD RAMADHANA

Abstract

Persebaran permainan sepak bola yang diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia ternyata memunculkan sebuah kesenjangan sosial. Dimana pada mulanya hanya kaum kolonial Belanda saja yang boleh memainkannya. Hal ini menimbulkan keinginan kaum bumi putra untuk bisa memainkan permainan sepak bola ini. Lambat laun perkembangan sepak bola sudah menyebar keseluruh pelosok daerah di Indonesia. Salah satu pemuda yang juga menyukai sepak bola, yakni Ir. Soeratin memiliki gagasan untuk memanfaatkan para pemuda yang banyak menggemari permainan sepak bola untuk menjadikan sepak bola sebagai salah satu alat untuk menyebarkan semangat nasionalisme di kalangan pemuda.

             Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini antara lain : Bagaimana latar belakang pendirian Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM), Bagaimana Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) dalam  relasi sosial masyarakat Magelang dan Bagaimana kontribusi Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) dalam usaha perjuangan (nasionalisme). Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan yaitu heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi.

             Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Permainan sepak bola bagi kalangan bumiputera dijadikan sebagai alat perjuangan bangsa untuk merdeka, hal ini ditunjukkan oleh Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) atau PPSM Magelang yang menjadi salah klub  persepak bolaan dikalangan bumi putera. Meskipun Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) atau PPSM Magelang bukan klub yang kuat dibandingankan dengan persepakbolaan bumi putera yang lainnya tapi kaya akan nilai historis bahwa Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) atau PPSM Magelang juga turut serta dalam pendirian PSSI dan terus untuk menyuarakan tetang Nasionalisme dalam sepak bola, bidang politik, sosial, ekonomi dan budaya ditransformasikan dalam sepak bola dimana aspek tersebut bisa di jadikan satu untuk alat perjuangan bangsa.

 

Kata kunci : Sepakbola, Nasionalisme, IVBM, Magelang

Published
2017-07-31
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 59