PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 12 SURABAYA

  • Frinda Imroatus Solihah

Abstract

Kecemasan yang terjadi dalam lingkungan sekolah khususnya pada remaja tidak bisa lepas dari masalah-masalah yang dialaminya selama proses pembelajaran, dimana banyak peserta didik yang merasa cemas ketika dihadapkan pada suatu permasalahan yang menyulitkan mereka untuk berfikir, kecemasan yang biasanya dialami ialah kecemasan terhadap materi membosankan, guru killer, serta soal yang dianggap sulit sehingga mereka malas untuk berfikir dan merasa cemas akan nilai-nilai yang mereka dapatkan ketika ulangan harian ataupun disaat ulangan semester

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar tingkat kecemasan siswa, seberapa besar prestasi belajar sejarah siswa serta pengaruh yang disebabkan kecemasan siswa terhadap prestasi belajar sejarah dengan menggunakan metode Giving Question and Getting Answer.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat kecemasan siswa 68.44, dan rata-rata prestasi belajar sejarah sebesar 77, 98. Penelitian tentang kecemasan siswa terhadap prestasi belajar sejarah kelas X IPS 2 SMA Negeri 12 Surabaya dengan hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan pengaruh pada prestasi siswa sebesar 4.9% dengan Ftabel sebesar 2.235 dan taraf signifikan 142. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa yang tinggi akan mempengaruhi prestasi siswa yang menyebabkan banyak siswa yang mencontek untuk terus meningkatkan prestasi belajarnya, untuk hal itu diperlukan agar mendapatkan perhatian yang lebih dari guru mata pelajaran

Kata kunci: kecemasan Siswa, Prestasi Belajar Siswa 

Published
2017-09-14
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 2766