JAARMARKT  DI SURABAYA MASA PEMERINTAHAN  HINDIA-BELANDA

  • NOVA ARTIKA DESTY D

Abstract

Pada awal abad ke-20, Surabaya telah berkembang menjadi kota modern di mana pengembangan pusat industri
dan komersial. Kemajuan  ini tidak  terlepas  dari arah  politik negara yang  dikelola Etis Hindia  Belanda tahun 1900-an
ditandai  dengan  kemajuan  dalam  berbagai  sektor  kehidupan.  Seiring  dengan  pesatnya  pertumbuhan  industri  dan
meningkatnya  jumlah  penduduk  yang  hidup  di  Eropa  Surabaya, pemerintah  Hindia  Belanda  menyediakan  fasilitas
untuk  menampilkan  hasil  industri  dan  menyediakan  sarana  promosi  bagi  perusahaan  yang  ingin  memperkenalkan
produk mereka. Produksi pameran yang diselenggarakan pemerintah disebut Jaarmarkt. Jaarmarkt juga bertujuan untuk
mencari  keuntungan  finansial melalui  media  pemerintah menunjukkan  pameran  yang  diadakan  setiap  tahun  sekali.
Permasalahan  yang  diteliti dalam  penelitian  ini  adalah apa  latar  belakang Jaarmarkt pemerintah terorganisir Hindia
Belanda.  Jenis  penelitian  dalam  penelitian  ini  adalah  studi  sejarah  dengan  menggunakan  metode  historis.  Metode
sejarah  meliputi  tahap  heuristik,  kritik,  interpretasi,  dan  historiografi.  Hasil  akhir  dari  penelitian  ini  adalah  untuk
memberikan  gambaran  informasi  mengenai  Jaarmarkt  alasan  mulai  dari  Hindia  Jaarmarkt  pemerintah  terorganisir
Belanda,  produk  industri  dan  hiburan  yang  ditampilkan  dalam  Jaarmarkt,  serta  pengelolaan  Jaarmarkt  awal  berdiri
diselenggarakan oleh pemerintah dengan manajemen birokrasi sendiri.
 
Kata Kunci: Jaarmarkt, Pemerintah Hindia-Belanda, Surabaya

Published
2013-05-14
Abstract Views: 212
PDF Downloads: 208