JAARMARKT DI SURABAYA MASA PEMERINTAHAN HINDIA-BELANDA
Abstract
Pada awal abad ke-20, Surabaya telah berkembang menjadi kota modern di mana pengembangan pusat industri
dan komersial. Kemajuan ini tidak terlepas dari arah politik negara yang dikelola Etis Hindia Belanda tahun 1900-an
ditandai dengan kemajuan dalam berbagai sektor kehidupan. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri dan
meningkatnya jumlah penduduk yang hidup di Eropa Surabaya, pemerintah Hindia Belanda menyediakan fasilitas
untuk menampilkan hasil industri dan menyediakan sarana promosi bagi perusahaan yang ingin memperkenalkan
produk mereka. Produksi pameran yang diselenggarakan pemerintah disebut Jaarmarkt. Jaarmarkt juga bertujuan untuk
mencari keuntungan finansial melalui media pemerintah menunjukkan pameran yang diadakan setiap tahun sekali.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apa latar belakang Jaarmarkt pemerintah terorganisir Hindia
Belanda. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah studi sejarah dengan menggunakan metode historis. Metode
sejarah meliputi tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk
memberikan gambaran informasi mengenai Jaarmarkt alasan mulai dari Hindia Jaarmarkt pemerintah terorganisir
Belanda, produk industri dan hiburan yang ditampilkan dalam Jaarmarkt, serta pengelolaan Jaarmarkt awal berdiri
diselenggarakan oleh pemerintah dengan manajemen birokrasi sendiri.
Kata Kunci: Jaarmarkt, Pemerintah Hindia-Belanda, Surabaya
PDF Downloads: 208