PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KEDIRI PADA POKOK BAHASAN KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini didasarkan atas pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap proses belajar mengajar di kelas X yang mengindikasikan aktivitas belajar siswa yang sangat rendah. Hal tersebut pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pre-Test Post-Test Design Only. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: metode Team Games Tournament (TGT), Hasil belajar siswa.
PDF Downloads: 29