PEMUKIMN LIAR DI SURABAYA TAHUN 1997-2000

  • META VERAWATI
  • NASUTION

Abstract

Abstrak
Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta, yang mana merupakan ibu kota provinsi jawa timur. Dikenal dengan kota ynag cukup maju dan merupakan pusat industrilisasi di jawa timur menjadikan kota ini sebagai tujuan kaum urban yang datang dari desa ke kota untuk mencari kehidupan yang lebih baik tanpa adanya tujuan mereka datang dan mendirikan bangunan liar sesuka hati. Menjamurnya pemukiman liar di kota surabaya menjadi tak terkendali, bahkan bukan hanya membangun di pinggir-pinggir rel atau kali, tetapi juga banyak yang tinggal di pinggir pantai, tanah-tanah kosong yang tak terpakai. Hal seperti ini sudah terjadi begitu lama, dari jaman belanda pemukiman liar sudah ada. Kawasan yang banyak sekali pemukiman liarnya ialah, benowo, gubeng, wonokromo,sukolilo, rungkut, wonorejo dll. Dampak yang di timbulkan pun juga sangat banyak bukan hanya dari segi para pemukim tetapi juga lingkungan.
Rumusan masalah yang digunakan adalah 1) Bagaimana Latar Belakang munculnya Pemukiman Liar di Surabaya tahun 1997-2000? 2) Bagaimana perkembangan Pemukiman Liar di Surabaya tahun1997-2000? 3) Bagaimana Tindakan Pemerintah dalam menangani Pemukiman Liar di Surabaya tahun 1997-2000?. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan Latar Belakang munculnya Pemukiman Liar di Surabaya pada tahun 1997-2000. 2) Mendeskripsikan perkembangan Pemukiman Liar di Surabaya tahun 1997-2000.3) Menjelaskan Tindakan Pemerinah dalam menangani Pemukiman Liar di Surabaya tahun 1997-2000.
Metode yang digunakan adalah penelitian sejarah, seperti heuristik dengan mengumpulkan sumber tentang pemukiman liar di surabaya yang didapat melalui wawancara dan penulusuran dokumen. Kritik dilakukan untuk memverifikasi sumber yang di dapat untuk dapat memperoleh data dan fakta yang sesuai dan dapat diinterprestasikan sesuai dengan tema penelitian.
Kata kunci : Sejarah, pemukiman Liar, Surabaya
Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 168