PROGRAM TAMYANGSANG DALAM PERKEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN PADI DI KABUPATEN LAMONGAN PADA MASA PEMERINTAHAN BUPATI R. MUHAMMAD FARIED TAHUN 1996-1999

  • EKA KURNIAWATI
  • SEPTINA ALRIANINGRUM

Abstract

Kabupaten Lamongan merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Jawa Timur yang menyumbang 8,18% produksi beras di Jawa Timur pada masa Pelita V. Dalam kurun tahun 1989 hingga 1999 Kabupaten Lamongan menempati posisi ketiga dan kedua terbesar di Provinsi Jawa Timur dalam sektor pertanian padi. Potensi pertanian padi yang dimiliki oleh Kabupaten Lamongan tersebut tidak luput dari pengaruh Pemimpin daerah yang mengeluarkan kebijakan maupun program untuk mengembangkan sektor unggulan daerahnya. Bupati R. Muhammad Faried merupakan salah satu Bupati yang paling berpengaruh di Kabupaten Lamongan. Banyak ide dan pemikiran baru yang dikeluarkan untuk mengembangkan sektor pertanian khususnya pertanian padi pada masa pemerintahannya. Salah satunya ada program TAMYANGSANG. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut 1. Bagaimana latar belakang kebijakan Bupati R.Muhammad Faried dalam sektor pertanian padi tahun 1989-1999? 2. Bagaimana implementasi dan pencapaian dari Program TAMYANGSANG masa Bupati R.Muhammad Faried dalam sektor pertanian padi tahun 1996-1999?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Hasil dari penelitian Pengaruh program TAMYANGSANG dalam produksi padi di Kabupaten Lamongan adalah produksi padi dari tahun 1996 hingga 1999 mengalami peningkatan sebanyak 8.98 %. Sektor pendukung dalam program TAMYANGSANG juga mengalami peningkatan, dimana sektor perikanan darat mengalami peningkatan hingga 9 kali lipat di tahun 1998 dari produksi tahun 1997. Produksi pisang mengalami peningkatan mencapai 42.68%, namun produksi ayam buras justru menurun sebanyak 7,27% karena kurang optimalnya program Intensifikasi Ayam Buras (INTAB) yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam mengoptimalkan program TAMYANGSANG.
Kata Kunci : Pertanian, TAMYANGSANG, Kabupaten Lamongan, Bupati R.Muhammad Faried.
Published
2018-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 196