PERSEPSI SISWA IPA KELAS XI TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SRENGAT

  • BETANATA YATIM NURHAQI
  • SRI MASTUTI PURWANINGSIH

Abstract

Persepsi merupakan suatu proses dimana manusia melakukan penafsiran terhadap apa yang mereka alami saat itu. Seperti halnya pembelajaran sejarah yang membutuhkan suatu persepsi untuk keberlangsungan pembelajaran sejarah. Keterkaitan persepsi dengan pembelajaran sejarah sangat perlu tanpa adanya suatu persepsi dalam proses pembelajaran, setiap penafsiran yang dilakukan timbul karena adanya suatu persepsi.Penelitian ini membahas mengenai bagaimana persepsi siswa IPA kelas XI di SMA Negeri 1 Srengat dalam mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder dalam teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi secara langsung, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik triagulasi digunakan untuk menguji keabsahan data yang di peroleh. Dilakukan analisis dengan cara penggunaan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah persepsi siswa yang negatif dan positif jika dilihat dari persepsi yang negatif bisa dikatakan dipengaruhi oleh guru yang kurang tegas dalam pemberian materi sejarah. Guru merupakan hal terpenting dalam pembelajaran sejarah karena apa yang dilihat oleh siswa secara langsung yang akan menimbulkan suatu persepsi. Pemilihan media yang kurang tepat juga merupakan suatu hal yang memicu persepsi negatif Media pembelajaran merupakan strategi pembelajaran yang harus lebih ditingkatkan kreatifitasnya, sudah saatnya sejarah diajarkan menggunakan cara yang lebih menarik lagi. Sedangkan dari persepsi siswa yang positif dipengaruhui oleh adanya faktor sarana prasarana dan faktor lingkungan sekolah. Dari hasil tersebut bisa dikatakan bahwa persepsi memiliki sifat yang dinamis, berubah-ubah, serta memiliki sifat relatif atau tidak absolut.Kata Kunci : Persepsi, Sejarah, SMA
Published
2018-08-09
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 508