PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X PROGRAM IPA DI SMA NEGERI 1 CERME GRESIK

  • EKA PUTRI SARI
  • SRI MASTUTI PURWANINGSIH

Abstract

Pendidikan dipandang sebagai cara yang tepat dalam membentuk sumber daya manusiayang berkualitas untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional. Yang mana tujuan pendidikan adalah memanusiakan manusia seutuhnya. Siswa sebagai agen penentu keberhasilan dalam sebuah lembaga pendidikan tentu diharapkan berprestasi dengan baik, baik didalam belajarnya maupun dalam kegiatan lainnya.Dalam proses pembelajaran, rasa percaya diri merupakan salah satu factor intern pendukung keberhasilan siswa akan potensi yang dimilikinya, rasa percaya diri sangat penting untuk ditanamkan kepada setiap siswa. Seseorang yang selalu beranggapan bahwa dirinya tidak mempunyai kemampuan, merasa dirinya tidak berharga. Hal ini merupakan bahwa seseorang tersebut mempunyai rasa percaya diri rendah. Setiap insividu siswa memiliki lingkungan yang berbeda-beda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya dirinya dan tentu berpengaruh terhadap prestasi belajar disekolahnya. Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana rasa percaya diri dan prestasi belajar serta pengaruhnya rasa percaya diri terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Cerme Gresik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa serta pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan pengambilan sampel sebanyak 44 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket dan melakukan test. Untuk pengujian instrument menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis dari rumus korelasi product moment dengan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwaada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah yang ditunjukkan dengan t hitung= 9,48 dan t tabel= 0,30 maka t hitung > t tabel. Sedangkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus koefisien korelasi (r) memperoleh prosentase 67,2 % dan sisanya 32,8 % yang dipengaruhi oleh factor lain.Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar.
Published
2018-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 1948