PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK PENGUATAN KEMAMPUAN FAKTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan faktual siswa pada mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan yang menggunakan media interaktif permainan Kartu Domino. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 1 Kota Madiun pada siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa desain penelitian Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penilaian tingkat pengetahuan faktual siswa didapatkan melalui uji soal pre-test dan pos-test yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media permainan kartu Domino dalam pembelajaran. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguatan pengetahuan faktual siswa kelas yang menggunakan kartu Domino sebagai media dalam pembelajaranKata Kunci: Pengetahuan Faktual, Kartu DominoPDF Downloads: 2155