PERKEMBANGAN PARIWISATA ZIARAH DI MAKAM ASTA TINGGI SUMENEP DARI TAHUN 2006-2016

  • YANUARITA SARI
  • YOHANES HANAN PAMUNGKAS

Abstract

Pariwisata merupakan suatu keseluruhan elemen-elemen terkait yang memiliki banyak sekali keragaman, baik dari segi adat, budaya, agama, suku dan bahasa, kebudayaan dan peninggalan sejarah. Penelitian ini menarik karena akan di bahas mengenai perkembangan parawisata di Makam Asta Tinggi Sumenep yang dilihat perkembangannya dari tahun 2006-2016. Perkembangan ini meliputi perkembangan tempat bangunannya, perkembangan wisatawan dan perkembangan kondisi sosial ekonomi masyarakat setempat. Menganalisis perkembangan wisata keagamaan yang tersohor di Sumenep merupakan suatu kesinambungan dengan pengaruhnya terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang hidup dan tinggal di sekitar wisata Makam Asta Tinggi Sumenep. Dalam penelitian ini juga kita akan mengetahui bahwa tradisi berziarah itu masih dilakukan oleh para masyarakat yang memang mereka melakukan ziarah itu karena memang dari turunan mereka.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu tentang perkembangan parawisata di makam Asta Tinggi Sumenep dari tahun 2006-2016 dan pengaruh wisata Makam Asta Tinggi Sumenep terhadap sektor sosial ekonomi masyarakat sekitar makam dari rumusan masalah ini kita dapat mengetahui lebih dalam tentang Makam Asta Tinggi Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, yang diantaranya terdiri dari 4 tahapan, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan sumber atau heuristik dilakukan dengan mengumpulkan sumber primer yaitu data pariwisata dan wawancara narasumber di lokasi penelitian. Kritik sumber dilakukan untuk menguji kebenaran dan keabsahan sumber-sumber yang telah diperoleh. Kemudian interpretasi dilakukan untuk menganalisis data-data yang diperoleh guna menjawab rumusan masalah. Serta tahap terakhir yaitu historiografi yang merupakan tahapan penulisan sejarah berdasarkan hasil interpretasi.
Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwasanya pariwisata di Sumenep terutama Makam Asta Tinggi Sumenep ini dapat berkembang dan makin dikenal masyarakat luas ini juga karna berbagai faktor yang pertama adalah faktor transportasi yang semakin gampang untuk dilewati seperti adanya suramadu , faktor lain juga karna adanya sosial media yang semakin maju sehingga masyarakat luar tahu tentang asta tinggi dan mengunjunginya. Perkembangan Makam Asta Tingi tidak hanya berpengaruh pada pariwisata sumenep saja, tetapi juga membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat setempat, utamanya sektor ekonomi. Selain sektor ekonomi, keberadaan wisata Asta Tinggi juga mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Terjadinya interaksi antar pedagang dan wisatawan menyebabkan pertukaran budaya dan menimbulkan perubahan tingkah laku sosial masyarakatnya, salah satunya keterbukaan masyarakatnya dalam berkomunikasi denga masyarakat luar daerah.
Kata Kunci : Wisata Ziarah, Asta Tinggi, Sumenep
Published
2019-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 399