PEMANFAATAN BAHAN AJAR SEJARAH DENGAN PENDEKATAN ILMU – ILMU SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 TRENGGALEK

  • KHABIBATUL ASNA
  • SRI MASTUTI PURWANINGSIH

Abstract

Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk membentuk karakteristik bangsa. Dalam dunia pendidikan ada empat masalah utama pendidikan yang ada di Indonesia. Masalah tersebut meliputi kurikulum, guru, budaya literasi, serta buku teks yang digunakan oleh siswa di dalam kelas. Keempat masalah tersebut saling berhubungan satu sama lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bahan ajar sejarah dengan pendekatan ilmu – ilmu sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Trenggalek. Peneliti fokus pada satu kelas, yakni XII IPS 1. Dari data yang telah dihimpun oleh peneliti bahwa sekolah telah menyiapkan beberapa buku paket sebagai penunjang belajar siswa, LKS (Lembar Kerja Siswa). Selain itu, sekolah juga memfasilitasi wifi untuk menunjang pembelajaran siswa di dalam kelas.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana kelayakan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial pada pembelajaran di SMA Negeri 1 Trenggalek? 2) Bagaimana bahan ajar dengan pendekatan ilmu sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Trenggalek?Kelayakan bahan ajar diukur dengan menggunakan skala Guttman dimana lebih dari 61% respon siswa dapat dianggap bahan ajar layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini, 73% siswa merespon dan bahan ajar ini dapat dikatakan layak. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan post test pada akhir pertemuan.Kata kunci: Buku Teks, Kelayakan Bahan Ajar, Hasil Belajar.
Published
2019-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 101