PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING METODE BRAINSTORMING TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IIS DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

  • PUTRI NINDA LAILATUL FAIDA
  • AGUS SUPRIJONO

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya inovasi metodepembelajaran disetiap mata pelajaran terutama mata pelajaran sejarah, mata pelajaran sejarah adalah salah satu matapelajaran yang paling tidak diminati oleh siswa, menurut survey infografik lembaga pendidikan online Zenius. Hal inidisebabkan karena mata pelajaran sejarah selama ini hanyabterfokus pada hafalan dan terkesan sangat membosankan. Halyang menarik untuk diteliti dari permasalahan tersebut adalah (1) Adakah perbedaan high order thinking skills kelaseksperimen dengan menggunakan model pembelajaran active learning metode brainstorming dengan high order thinkingskills pada kelas kentrol dengan menggunakan pendekatan saintifik? (2) Berapa besar perbedaan pengaruh penerapanmetode pembelajaran Brainstorming dalam kelas eksperimen dengan pendekatan saintifik dalam kelas kontrol terhadaphigh order thinking skills?. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah terdapat sebuah perbedaan yang diketahui melaluiuji t-test perbedaan tersebut dapat dilihat dalam aspek kognitif yang memperoleh sig 0.000, yang artinya terdapatperbedaan antara kelas eksperimen dengan metode brainstorming dan kelas kontrol dengan pendekatan saintifik denganperbedaan antara 4.30846 sampai 9.46077, perbedaan tersebut juga dapat dilihat melalui uji n-gain dimana kelaseksperimen mendapatkan skor 60% dan kelas kontrol mendapatkan skor 48%.Kata Kunci: Model Pembelajaran Active Learning, Metode Brainstorming, HOTS
Published
2019-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 45