PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN JOGOROTO JOMBANG

  • LINDRIASTUTI
  • AGUS SUPRIJONO

Abstract

Persepsi adalah tanggapan secara langsung dari sesuatu atau proses mengetahui beberapa hal mengenai lima pancaindera manusia. Atau dengan kata lain diartikan sebagai sebagai penafsiran stimulus yang terdapat di dalam otak manusia.Dalam penelitian ini membahas persepsi guru terhadap kurikulum 2013.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan persepsi guru sejarah terhadap implementasi Kurikulum 2013, (2)Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap implementasi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas X IPS 2 dan XII IPS 2 SMA Negeri Jogoroto. Pengumpulandata dilakuka melalui wawancara dan angket. Tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif interaktif.Hasil penelitian ini adalah (1) Guru telah bisa menjalankan kurikulum 2013. Guru dibekali dengan sosialisasi danpelatihan mengenai kurikulum 2013, dan guru telah menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan ScientificApproach. Walaupun guru belum menguasai semua model pembelajaran pendekatan Scientific Approach. Evaluasipembelajaran yang digunakan oleh guu juga seperti yang telah tercantum dalam Kurikulum 2013. (2) Siswa melakukanpersiapan sebelum pembelajaran dan siswa mempu mengikuti pendekatan pembelajaran Scientific Approach yang diterapkanoleh guru. Media dan bahan ajar telah berbasis IT dimana peserta siswa hanya berpedoman pada buku sebagai bahan bacaan,melainkan siswa juga telah memanfaatkan internet untuk mencari materi tambahan yang belum tercantum dalam bahan ajaryang disediakan oleh sekolah.Kata kunci: Persepsi guru, persepsi siswa, kurikulum 2013
Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 443