PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI KABUH, JOMBANG

  • RIRIS DWI MEKARSARI
  • AGUS SUPRIJONO

Abstract

Pendidikan abad 21 menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah berpikir kritis.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa kelas XI IPS mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri Kabuh, Jombang.Desain yang digunakan didalampenelitian ini adalah Pre Experimental Design, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA NegeriKabuh. Produk akhir yang dihasilkan adalah โ€œHistory Madingโ€.Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi liniersederhana menghasilkan persamaan regresi Y = 19, 049+ 0,718 X. Koefisien regresi menunjukkan nilai yang positif halini berarti model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itudari pengujian dengan uji regresi liner sederhana diperoleh nilai signifikasi 0,000 < taraf signifikasi 0,05 danThitung sebesar 6,825 > ๐‘‡๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yakni 2,042 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learningberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Koefisien determinasi pada uji regresi linier sederhanamenunjukkan angka 60,8 yang memiliki makna bahwa besar pengaruh model pembelajaran project based learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah 60,8 %.Kata Kunci: Pembelajaran Project Based Learning, Berpikir Kritis
Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 481