PENCEMARAN KALI SURABAYA TAHUN 1982-1994

  • QONITAH GHONIYYAH
  • SRI MASTUTI PURWANINGSIH

Abstract

Interaksi manusia dengan lingkungannya dianggap menjadi penyebab munculnya berbagai masalah lingkungan, Kali Surabaya mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan, sungai tersebut mengalami degradasi cukup parah sejak tahun 1982 hingga 1994, pencemaran yang terjadi pada Kali Surabaya sebagian besar dipengaruhi oleh perilaku masyarakat bantaran Kali Surabaya dalam mengelola dan memanfaatkan Kali Surabaya itu sendiri, hal tersebut kemudian berdampak buruk tidak hanya bagi lingkungan itu sendiri tetapi juga manusia yang tinggal disekitar Kali Surabaya tersebut, hal tersebut kemudian mendorong pemerintah melakukan berbagai kebijakan dan program, salah satunya yang dianggap berhasil adalah Program Kali Bersih (PROKASIH)
Penelitian ini membahas mengenai (1) Bagaimana perilaku masyarakat bantaran Kali Surabaya pada tahun 1982-1994; (2) Bagaimana kebijakan pemerintah dan masyarakat berkaitan dengan pencemaran Kali Surabaya pada tahun 1982-1994. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yakni proses heuristik yakni pengumpulan sumber yang didapatkan dari Perpustakaan Universitas Airlangga, Perpustakaan Stikosa, dan lain-lain. Tahap kedua yaitu kritik sumber yakni melakukan pengujian dan verifikasi sumber yang didapat. Tahap ketiga adalah interpretasi, yaitu menafsirkan data yang sudah diperoleh dan telah melewati proses verifikasi. Tahap keempat adalah historiografi, yaitu penulisan hasil penelitian sejarah secara kronologis dan analitis sesuai tema penelitian.
Kata Kunci : Perilaku Masyarakat Bantaran Kali Surabaya, Pemanfaatan dan Pengelolaan Kali Surabaya, Pencemaran Kali Surabaya.
Published
2020-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 21