Perkembangan Batik Tulis Di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan Tahun 2009-2017

  • MERIDIANA EKA PRASETYANINGRUM
  • AGUS TRILAKSANA

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan Batik Tulis di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan Tahun 2009-2017

Madura tidak hanya identik dengan garam maupun kerapan sapi, akan tetapi juga memiliki kekayaan yang tidak terhingga yang diwariskan turun-temurun berupa keterampilan membatik. Kabupaten Pamekasan merupakan satu-satunya kabupaten di pulau Madura yang telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur sebagai kota batik pada tahun 2009. Penetapan Kabupaten Pamekasan sebagai kota batik seharusnya dapat memberikan dampak dalam hal peningkatan ekonomi pengrajin batik tulis Desa Klampar Kecamatan Proppo Pamekasan, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Perkembangan batik tulis di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan tahun 2009-2017”.

Rumusan masalah dam penelitian ini adalah tentang 1) bagaimana sejarah munculnya batik tulis di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan 2) Bagaimana perkembangan batik tulis di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan 3) Bagaimana dampak batik tulis terhadap kondisi social ekonomi masyarakat Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah batik tulis Desa Klampar, mendeskripsikan perkembangan batik tulis Desa Klampar, dan menganalisis dampak batik tulis terhadap kondisi social ekonomi masyarakat Desa Klampar. Terkait dengan metode penelitian yang digunakan oleh peneliti terdapat langkah-langkah metode penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik, interprestasi dan historiografi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perkembangan batik tulis di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan setiap tahunnya mengalami penurunan harga yang cukup signifikan yang diawali pada tahun 2012, tahun 2015 harga batik tulis Desa Klampar sempat mengalami kenaikan harga dan mengalami penurunan kembali pada tahun 2017. Kerajinan batik tulis Desa Klampar memberikan dampak yang positif terhadap sosial ekonomi masyarakat Desa Klampar diantaranya terbukanya lapangan pekerjaan khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang dapat mengisi waktu luangnya dengan membatik sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Klampar.

Kata Kunci: Batik Tulis, Desa Klampar, Perkembangan


Published
2020-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 574