PENGARUH KETERTARIKAN SISWA TERHADAP FILM ANIMASI SEJARAH DENGAN KETERTARIKAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH

  • NISKI ANUGRAH HADI
  • SRI MASTUTI PURWANINGSIH

Abstract

Penyebab utama dari rendahnya minat siswa dalam mengikuti pembelejaran sejarah yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan oleh yaitu menggunakan film sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh ketertarikan siswa terhadap film animasi sejarah dengan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sejarah pada siswa kelas XII IS1 SMA Negeri 1 PATIANROWO. Penelitian ini berdesain “One-Shot Case Study” dengan desain yang dimana terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara ketertarikan siswa terhadap film animasi sejarah dengan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sejarah walaupun dalam skala lemah. Hasil perhitungan kuantitatif diperkuat oleh hasil wawancara, para siswa menunjukan bahwa mereka tertarik dengan pembelajaran sejarah dengan menggunakan film animasi. Hasil penelitian sangat penting karena berdasarkan hasil penelitian dan observasi yang telah dilakukan dapat dijadikan referensi pengembangan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pemilihan media pembelajaran khususnya film saat mengajar mata pelajaran Sejarah. Karena berdasarkan penelitian, siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan film animasi dibandingkan pembelajaran sejarah yang hanya bercerita atau menggunakan metode ceramah.
Kata Kunci: Film Animasi Sejarah, Pelajaran Sejarah, Perilaku Siswa
Published
2020-03-20
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 85