PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO

  • ARWINDA JAKA PRATAMA
  • SRI MASTUTI PURWANINGSIH

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di dalam proses pembelajaran sejarah yang diterapkan disekolah masih belum memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah lemahnya proses pembelajaran dikelas masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Jenis penelitian yang di lakukan oleh peneliti dalam penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 menjadi kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPS 3 menjadi kelas kontrol. Hasil penelitian dengan lembar observasi metode Group Investigation di kelas eksperimen dapat melaksanakan metode Group Investigation dengan sangat baik hasil prosentase rata-rata 92,33%. Hasil penelitian dengan angket kemampuan berpikir kritis dapat dikatakan sangat kuat dengan rata-rata 84,2%. Hasil penelitian dengan metode tes uji statistik yang digunakan adalah hasil postest dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 80,66 dan kelas kontrol adalah 74,33. Hasil penelitian dengan dengan uji statistik SPSS 25, untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan dilihat pada nilai R Square sebesar 0,848. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh metode Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah sebesar 84,8% sedangkan 15,2% kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak di teliti. Hasil penelitian dengan uji n-gain dapat diketahui pengaruh penerapan metode Group Investigation dalam bentuk persen (%). Dapat diketahui bahwa rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukan presentase nilai sebesar 59.4410% dibulatkan menjadi 59% pada kelas eksperimen, dan 44.8511% dibulatkan menjadi 45% pada kelas kontrol.Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pembelajaran Sejarah.
Published
2020-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 42