PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 KEDUNGPRING, LAMONGAN

  • ANINDITA SURYA MAHANANI
  • AGUS SUPRIJONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dan menghitung besar pengaruh pembelajaran sejarahpeminatan Ilmu-ilmu Sosial berbasis Project Based Learning terhadap kemampuan literasi sejarah kelas XI IPS 3 SMANegeri 1 Kedungpring, Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen oneshotcase study design. Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan persamaan regresi linier sederhana yaitu Y= 31,301 + 0,757 (X). Untuk mengetahui hubungan variabel X terhadap Y, maka dilakukan uji korelasi product momentdengan melakukan uji hipotesis dua pihak dan membandingkan RHitung 0,744 > RTabel Product Moment 0,349 hasil tersebutmenyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel. Nilai RHitung bertanda positif (+) dan berada pada daerahpenerimaan Ha, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji korelasi product moment tersebut diketahui nilaikoefisien korelasi sebesar 7,44 dengan kategori BAIK, signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya data tersebutsignifikan dan berpengaruh BAIK. Besar pengaruh dapat dilihat dari R Square pada tabel Summary dengan nilai sebesar0,554 sisanya 44,6% merupakan faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar peserta didik.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial berbasis Project BasedLearning berpengaruh positif dan secara signifikan terhadap kemampuan literasi sejarah sebesar 55,4%.Kata Kunci: Sejarah Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, Literasi Sejarah
Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 0