PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 NGRAHO BOJONEGORO

  • LIVYA PUJI LESTARI
  • AGUS SUPRIJONO

Abstract

Kurangnya pemahaman bagi siswa ketika proses pembelajaran merupakan salah satu permasalahan yang dialamidalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan membuat siswa kurangmelakukan sebuah interaksi sosial mendorong yang untuk melakukan segala kegiatan belajar dengan senang, sehinggamengahambat aktivitas belajar yang akan menambah tingkat kompetensi pengetahuan siswa . Penelitian ini bertujuanuntuk menjelaskan pengaruh dan besar pengaruh pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowballthrowing terhadap kompetensi pengetehauan siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Dimana nilai variabelX (snoball throwing) yang tinggi akan mempengaruhi nilai variabel Y (kompetensi pengetahuan), begitu juga sebaliknya.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk penelitian ex-post facto (penelitian non eksperimen). Sampeldiambil dengan cara Purposive Proposional Cluster Sampling. Pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metodesnowball throwing mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1Ngraho Bojonegoro. Diketahui dari uji korelasi Product Moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,702 dengan sig 0,000.Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowballthrowing terhadap kompetensi pengetahuan siswa kelas XI IPS 1 dengan tingkat hubungan kuat, dan korelasi tersebutsignifikan karena (p : 0,000) < 0,05. Diperoleh data dari tabel summary yang merupakan hasil uji regresi linier sederhanapada SPSS menunjukkan nilai R Square sebesar 0,493. Sehingga dapat disimpulkan besarnya pengaruh pembelajaransejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowball throwing terhadap kompetensi pengetahuan siswa sebesar 49,3%.Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Kompetensi Pengetahuan, Sejarah Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial.ABSTRACTLack of understanding for students when the learning process is one of the problems experienced in the learning
Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 0