PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS QUIZWHIZZER TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 7 SURABAYA

Authors

  • Septiana Maliya Dewi Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya
  • Corry Liana Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pentingnya pembelajaran yang menekankan aktifitas siswa terletak pada pengembangan potensi mereka, sebab hal
ini mengalihkan tanggung jawab belajar kepada siswa dan mendorong mereka untuk menggali potensi yang dimiliki. Dalam
mewujudkan hal tersebut pentingnya guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Penggunaan model Problem Based
Learning merupakan salah salah satu metode pembelajaran di mana murid secara aktif terlibat dalam proses belajar. Selain
itu, guru juga perlu menggunakan media interaktif menunjang keaktifan siswa pada pembelajaran. Salah satu media interaktif
yang cocok untuk siswa generasi z yaitu Quizwhizzer. Quizwhizzer merupakan website yang dirancang untuk meningkatkan
pengalaman pembelajaran dalam kelas melalui gamifikasi yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain One-Shot Case Study. Penggunaan model Problem Based
Learning berbasis Quizwhizzer dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah materi proklamasi di SMA
Negeri 7 Surabaya. Dilihat dari hasil perhitungan uji-t menggunakan One Sample T test mendapatlan nilai signifikansi (sig.2-
tailed) 0.000 ? 0.05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan model Problem Based Learning berbasis
Quizwhizzer terhadap keaktifan memiliki pengaruh sebesar 69%. Sedangkan sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh variabel
lain yaitu psikologis dan sosial siswa pada proses pembelajaran.
Kata Kunci : problem based learning, quizwhizzer, keaktifan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0