PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAS IPIEMS SURABAYA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH
Keywords:
Problem Based Learning, Konsentrasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Exprerimental Design karena hanya menggunakan satu kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Ipiems Surabaya tahun ajaran 2024/2025. Sedangkan untuk sampel penelitian ini yaitu kelas XIM2 SMAS Ipiems Surabaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan tes. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kuantititatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa karena nilai sig 0,000< 0,05 dan t hitung 6, 096> t tabel 2,048 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena nilai sig 0,000<0,05 dan t hitung 5,818> t tabel 2,048 artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Downloads
References
Undang-Undang
Undang Undang Dasar Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Pasal 31 Ayat 2 Tentang Hak Warga Negara.
Undang-Undang No.48 tahun 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman.
Buku
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning : Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ngalimun. (2022). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Jurnal Ilmiah
Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan mengimplementasi program microsoft excel untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran administrasi kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1). 60-65
Ernawati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 90-98.
Fatchuroji, A., Yunus, S., Jamal, M., Somelok, G., Yulianti, R., & Sihombing, M. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 5(4), 13758-13765.
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43-52.
Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu, 1(1), 61-68.
Ofianto, O., & Ningsih, T. Z. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 8(1).
Pradila, M. P., & Kristin, F. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1947-1953.
Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(1), 190-197.
Riinawati, R. (2021). Hubungan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305-2312.
Sa’diyah, K., & Suhaimy, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di SMK Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3).
Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214-235.
Sandabunga, S., & Anwar, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 2 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi) The Effect of Problem Based Learning Model toward Student Learning Outcome in XI Exact Class of SMAN 2 Makassar. Jurnal Chemical v22 (2), 91-98.
Setyowati., Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa, Vol. 3, Journal of Teacher Professional, No. 1
Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 175-182.
Tarigan, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas Xi Sma Swasta Gkpi Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 22-26.
Zulfa, N., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(4),12-29.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
