PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI 7 SMAN 22 SURABAYA
Keywords:
Model Investigasi Kelompok, Media Podcast, Berpikir KritisAbstract
Pembelajaran sejarah sering dipandang sebagai salah satu bidang studi yang kurang menarik serta monoton disebabkan oleh pembelajaran sejarah di sekolah masih berkutat pada pendekatan kronologis dan cenderung menuntut menghafal suatu peristiwa. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang penting dimiliki peserta didik dalam menghadapi tantangan di masa depan. Model pembelajaran investigasi kelompok yang dibantu dengan media podcast merupakan sebuah model pembelajaran yang di nilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini membahas pengaruh model Investigasi Kelompok yang dibantu dengan media podcast terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas XI 7 SMA Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode desain pre-eksperimental pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan Uji Sampel Berpasangan (Paired Sample T Test). Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa model Investigasi Kelompok melalui Podcast efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai R Square (koefisien determinasi) adalah 0,694, yang mengindikasikan bahwa sekitar 69,4% variabilitas hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model Investigasi Kelompok yang dibantu media Podcast.
Downloads
References
Abida N. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Tunjuk Ajar J Penelit Ilmu Pendidik. 2020;3(2):163. doi:10.31258/jta.v3i2.163-182 chrome extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://eprints.unm.ac.id/434 9/1/ESTIANA%20EMBO.pdf
Amelia, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Keterampilan Berpir Kritis. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4756-Full_Text.pdf
Ersandy MEKB. Efektivitas Metode Ceramah Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus Pada Peserta didik Kelas XI Ips Di MAN Prambon Tahun 2017). Stain Kediri. 2017;0(0):69. https://etheses.uin- malang.ac.id/50538/1/19190018.pdf
Halim, Nurul. A,. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dan Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus. (2016). (Skripsi Sarjana, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/148/1/File%201.pdf
Nurjayanti, N., Morin, J. V., & Suparman, A. R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA Di SMA Yapis Manokwari Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(1), 15-20. file:///C:/Users/BAYU%20AJI/Downloads/astuti,+429.+21+JPT+INDRO S+BARU+3572-3582%20(1).pdf
Ismail R. Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras J Pendidik Mat. 2018;13(2):181-188. doi:10.21831/pg.v13i2.23595.
https://doi.org/10.1080/15323269.2017.1369879
Kasmiati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII MTsN 7 Aceh Besar. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam- Banda Aceh). https://repository.ar- raniry.ac.id/id/eprint/2767/1/KASMIATI.pdf
Musfikanignrum, L. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (Group Investigation) Berbantuan Media Papan Hitung Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian pada Peserta didik Kelas II di SD Negeri Pabelan 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). file:///C:/Users/BAYU%20AJI/Downloads/1254-Article%20Text-4389-1-10- 20211216.pdf
Ramadansur R, Dinata M, Rahmadhani Al-Khani AN. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Berbantu Audio Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Sman 3 Pekanbaru. Bio-Lectura J Pendidik Biol. 2023;10(1):54-64. doi:10.31849/bl.v10i1.13573
file:///C:/Users/BAYU%20AJI/Downloads/478-Article%20Text-5878-1-10- 20230718%20(1).pdf
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, hlm 7
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
