DAMPAK PENERAPAN P5 TEMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP IDENTITAS NASIONAL SISWA MADURA DI KELAS XI SMAN 4 BANGKALAN
Keywords:
Identitas nasional, Identitas kedaerahan, suku Madura, Profil pelajar pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Identitas kedaerahan suku Madura yang keras dan kasar dianggap sebagai deskripsi dari generalisasi jati diri individual atau komunal etnis Madura dalam berperilaku dan berkehidupan. Identitas kedaerahan kemudian menjadi masalah besar ketika setiap suku kehilangan makna serta entitas dari Identitas nasional dan lebih mengedepankan identitas kedaerahan. Masalah yang berkaitan dengan sentiment etnisitas di Bangkalan Madura tidak hanya terjadi pada kalangan orang dewasa suku Madura, mirisnya ini sampai menjalar di kalangan pelajar SMA Bangkalan. Profil pelajar pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan hasil dari dampak penerapan P5 tema kearifan lokal terhadap identitas nasional siswa Madura di kelas XI SMAN 4 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berpegang pada teori psikososial Emile Durkheim (1983). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan yang positif dan signifikan yang dibuktikan melalui hasil wawancara, observasi maupun kuisioner secara kesuluruhan baik di kelas XI-5 dan kelas XI-6 dengan teoori psikososial emile Durkheim, rasa memiliki terhadap wilayah tertentu, rasa keterikatan dalam memiliki hubungan yan erat dengan wilayah tertentu, rasa pengakuan serta identifikasi yang disengaja terhadap suat wilayah tertentu, serta rasa aktif telibat untuk wilayah tertentu. Apabila dibandingkan antara keduanya (kelas XI-5 dan XI-6) tidak ditemukan adanya perbedaan, hal ini juga diperkuat dengan hasil kuisioner siswa secara keseluruhan yang menghasilkan kategori baik sehingga dapat disimpulkan teori psikososial tersebut valid.
Kata Kunci : Identitas nasional, Identitas kedaerahan, suku Madura, Profil pelajar pancasila, Kurikulum Merdeka
Downloads
References
Buku
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Reset dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2022. Tidak diterbitkan.
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek. Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Jawa Timur. 2016.
Morteka Dhari Madhura : Antologi Cerita Rakyat Madura Edisi Kabupaten Bangkalan. Sidoarjo : Penerbit Balai Bahasa Jawa Timur
Murdiyanto, Eko., 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Lembaga Penelitian dan Pengbdian Pada Masyarakat UPV Veteran : Penerbit Yogyakarta Press.
Rifai, Mien Ahmad. 2007. Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan, Dan Pandangan Hidupnya Seperti Dicitrakan Peribahasanya. Yogyakarta : Penerbit Pilar Media.
Sarinah., D, Muhtar., & H. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn di perguruan tinggi). Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit AlfaBeta.
Wahyudi, Muhtar dkk., 2015. Buku Madura : Masyarakat, Budaya, Media dan Politik. Pustakom Publik : Penerbit Elmatera.
Wiyata, Abdul Latif. 2006. Carok; Konflik Kekerasan dan Harga Diri Orang Madura. Yogyakarta : LKis.
Jurnal
Astuti, Yeni Dwi. 2023. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Pendidikan West Science. Vol 1 (01). pp. 133-141.
Iskandar, Dadan. 2004. “Identitas Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya : Kasus Etnik Madura dan Etnik Dayak”. Jurnal Masyarakat dan Budaya. Vol. 6 (02).
Daphne, A Jameson. 2007. “Reconceptualizing Kultural Identity and Its Role In Intercultural Business”. Journal Of Business Communication.
281-285. DOI: 10.1177/0021943607301346
Pohl, Jurgen. 2001. “Regional Identity in International Encyclopedia of The Social & Behavioral Science. 12917-12922. ISBN: 0-08-043076-7
Utami, Fania Wahyu. 2023. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMAN 10 Palembang”. Jurnal Pendidikan West Science. Vol 1 (02). pp. 72-77.
S. Hasan. 2012. “Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter”. Jurnal Paramitha: Historical Studies Journal. Vol 22 (1).
Zikargae M. H,. 2013. ““The Impact Of Ethnocentrism and Stereotype On Inter-Cultur Relations Of Ethiopian Higher Education Students”. Online Journal Of Communication and Media Technologies. Vol 3 (02).
Sumber Bahan Hukum
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Surat Keputusan Menteri Pendidikan No 56/ M/ 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Indonesia : Kepmen No. 56 Tahun 2022 Kemendikbudristek.
62
Kepala
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2021. SK Kepala Badan Penlitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 028/ H/ KU/ 2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, dan SMALB Pada Program Sekolah Penggerak. Indonesia : Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi. 2022. SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pada Kurikulum Merdeka. Indonesia :
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi 2022. SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 003/H/KR/2022 tentang Capaian
Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pada Kurikulum Merdeka. Indonesia : Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen
Pendidikan.
Skripsi, Tesis, Disertasi
Halimiyah, Eni., 2019. Hubungan Identitas Nasional dengan Prasangka Sosial Mahasiswa Rantau Asal Madura di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang : etheses uin Malang.
Internet, Media Massa
Times Indonesia, “Ingin Punya Kendaraan, Pelajar di Bangkalan Curi Motor Teman Kos”, (timesindonesia.co.i, 27 Juli 2021). Tribun News, “Skill Melebihi Curanmor, 2 Remaja Bangkalan ini Lihai Mencuri Belasan Sapi Tanpa Bersuara”, (Surabaya.tribunnews.com, 7 Juni 2023).
Radar Madura, “Curi 2 Motor, Empat Pemuda dan Anak di Bawah Umur Diamankan Polisi”, (RadarMadura.id, 27 Maret 2021).
Tribun Jatim, “Terjerat Kasus narkoba, siswa SMKN 1 Bangkalan Jalani Ujian Nasional dengan Kawalan Polres Bangkalan”, (tribunjatim.com, 27 Maret 2019).
Sindo News, “Pelajar SMKN 2 Bangkalan Tertangkap Nyabu di Tempat Billiard”, (sindonews.com, 26 Januari 2015).
Bangkalan Jatim News, “Viral, Tawuran Pelajar Bikin Resah Pengguna Jalan”, (bangkalan.jatimtimes.com, 3 Februari 2023).
Berita Jatim, “Jelang Buka Puasa, Pemuda Bangkalan Tawuran di Embong Miring”, (beritajatim.com, 15 Mei 2019).
Belitung Tribun News, “Remaja di Bangkalan Nekat Sebar Video Mesum Bersama Mantan Pacar. Alasannya Karena Ini!”, (Belitung.tribunnews.com, 12 Oktober 2018).
Madura Tribun News, “Dua Pelaku Pemerkosaan Janda Muda Bangkalan Masih Berstastus Pelajar, Polisi Ringkus 4 Tersangka”, (madura.tribunnews.com, 7 Juli 2020).
Official Instagram account : we care bangkalan Madura, dibawah naungan PT. We Care jatim
Siber, “Asyik Mesum di Kamar Kos, 4 Muda-Mudi di Grebek Warga Bangkalan”, (We Care Bangkalan Madura melalui www.globaltv.com 4 Agustus 2023).
Detik dot com, “ Pelajar SMK di Bangkalan yang Ceburkan Diri Ke Sungai Ditemukan Tewas”, (detik.com:16 April 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

