PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN PELAJAR DAN MAHASISWA (PPPM) BAITUL MAKMUR SURABAYA TAHUN 2014-2024
Keywords:
Perkembangan Pondok Pesantren, Program Pembinaan Santri, PPPM Baitul Makmur.Abstract
Perkembangan pesantren di kawasan urban menjadi fenomena menarik dalam dinamika pendidikan Islam kontemporer. Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa (PPPM) Baitul Makmur Surabaya didirikan pada tahun 2014 sebagai sarana pembinaan bagi pelajar dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Surabaya, dengan menyediakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter, penguatan spiritual, dan pengembangan potensi diri secara menyeluruh. Pesantren ini tidak hanya bertujuan mencetak generasi yang unggul secara akademik dan spiritual, tetapi juga mendidik mereka agar menjadi pribadi yang mandiri, memiliki kepekaan sosial, berjiwa kepemimpinan, serta berakhlak mulia. Penelitian ini membahas: (1) Latar belakang pendirian PPPM Baitul Makmur Surabaya pada tahun 2014; dan (2) Perkembangan yang dialami oleh Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Baitul Makmur dalam kurun waktu 2014 hingga 2024. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang mencakup empat tahapan utama: heuristik sebagai proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi; kritik sumber untuk menguji keabsahan data; interpretasi sebagai proses analisis makna; dan historiografi sebagai tahapan penulisan akhir berdasarkan kronologi dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Baitul Makmur mengalami perkembangan yang signifikan, yang terlihat dari penyesuaian kurikulum agar selaras dengan kebutuhan zaman, pembaruan sarana prasarana, pertambahan jumlah santri dari tahun ke tahun, serta pelaksanaan berbagai program unggulan di beragam bidang yang dirancang untuk mendukung pengembangan potensi dan karakter santri. Selain itu, pesantren ini juga menjalin kerja sama dengan puskesmas dan mendirikan unit usaha serta koperasi syariah sebagai langkah konkret untuk memperluas pembinaan dan menumbuhkan kemandirian ekonomi santri.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

