PENGARUH MEDIA MAZE CHASE DENGAN INTEGRASI ELEMEN NARASI INTERAKTIF TERHADAP MINAT, KREATIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 9 SURABAYA
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong perlunya inovasi dalam pembelajaran sejarah yang sering kali dianggap membosankan dan kurang menarik oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media Maze Chase yang diintegrasikan dengan elemen narasi interaktif terhadap minat, kreativitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design dengan subjek dua kelas X yang memiliki karakteristik capaian pembelajaran yang setara di SMA Negeri 9 Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R²), media Maze Chase memberikan pengaruh sebesar 85,6% terhadap minat belajar siswa, 73% terhadap kreativitas siswa, dan 86,6% terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa penggunaan media Maze Chase terbukti efektif dalam meningkatkan ketiga aspek penting dalam pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

