Pengaruh Metode Pembelajaran Treasure Hunt terhadap Keaktifan dan Capaian Pembelajaran Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Sejarah: Studi Eksperimen di SMA Negeri 9 Surabaya
Keywords:
Treasure Hunt, Keaktifan Siswa, Capaian Pembelajaran Pemahaman Konsep Siswa, Pembelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Treasure Hunt terhadap keaktifan dan capaian pembelajaran pemahaman konsep siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 9 Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keaktifan dan capaian pemahaman konsep siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Permasalahan tersebut mendorong perlunya penerapan metode yang inovatif dan partisipatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan angket, yang dianalisis menggunakan uji-t dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Treasure Hunt berpengaruh signifikan terhadap keaktifan siswa dengan nilai t sebesar 10,766 (p < 0,05) dan kontribusi sebesar 77,3%. Metode ini juga memberikan pengaruh signifikan terhadap capaian pembelajaran pemahaman konsep dengan nilai t sebesar 6,682 (p < 0,05) dan kontribusi sebesar 56,1%. Selain itu, metode ini dapat meningkatkan hasil post test siswa lebih tinggi dari hasil pre test, dengan nilai post test telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Kata Kunci : Treasure Hunt, Keaktifan Siswa, Capaian Pembelajaran Pemahaman Konsep Siswa, Pembelajaran Sejarah
Downloads
References
Buku
Afandi, M., & Evi Chamalah, O. P. W. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press.
Agus, Tohirin, Z. (2022). Pembelajaran Fikih Berbasis Kecerdasan Majemuk Dan Keaktifan Belajar Di Madarasah. CV. Literasi Nusantara Abadi
Bell, D., & Kahrhoff, J. (2006). Active Learning Handbook Institute for Excellence in. Webster University. http://www.webster.edu/fdc/alhb/alhb2006.pdf
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. deepublish.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta. http://opac.lib.um.ac.id/index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=24537
Hamzah, N. (2015). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM (6th ed.). PT Bumi Aksara.
Hartono. (2012). PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (4th ed.). Zanafa Publishing.
Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Grasindo.
Lorin W. Anderson, D. R. K. (2017). Kerangka Landaasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Ridwan Abdullah Sani. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Robert Heinich, Michael Molenda, J. D. R. (1985). Media Pembelajaran dan Teknologi Pembelajaran Baru (2nd ed.). Wiley.
Rusman. (2018). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, dan Pemanfaatannya. CV Rajawali.
Sagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Siberman, M. L. (2014). Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject (Allyn and Bacon, Boston, 1996). Nuansa Cendikia. https://www.scribd.com/document/692276663/68-Model-Pembelajaran-Inovatif-Dalam-Kurikulum-2013-Aris-Shoimin
Sinar. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (I. Nuraini (ed.); 1st ed., p. 10). deepublish.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (15th ed.). Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Sutikno, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran “Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan.” Holistica.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.
Yudi Hartono, K. H. (2019). Pembelajaran Sejarah Transformatif Untuk Materi Sejarah Kontroversial. Unipma Press.
Jurnal
Aam Kurnia, Syam’iyah, S. F. (2022). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.35511
Agustina, I. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mtsn 2 Banyuwangi [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. In Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. https://etheses.uin-malang.ac.id/50862/
Alam, A., & Khotimah, K. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Game Arabic Treasure Hunter. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 58–77. https://doi.org/10.35719/pba.v1i1.9
Amalia, D. M., Sustika, I. K., & Hermawati, D. (2024). Penerapan Metode Tresure Hunt terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Konsep Mata Angin Peserta didik Kelas 1B SD Percobaan 2 Malang. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1, 698–706. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Asmita, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Metode Treasure Hunt pada Siswa Kelas X PM 2 di SMK Negeri 1 Pekanbaru. 4, 1023–1029. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1228
Auliannisa, T., Nursyamsiah, N., & Sopian, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Treasure Hunt guna Meningkatkan Keterampilan Berbicara Arab Peserta Didik. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 456–469. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.2127
Crnković, V. M., Traunkar, I., & Crnković, B. (2022). Treasure Hunt as a Method of Learning Mathematics. Proceedings of the European Conference on Games-Based Learning, 2022-Octob(February 2023), 349–357. https://doi.org/10.34190/ecgbl.16.1.740
Ervhy Indra Puspita, Dwi Heryanto, W. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning(Problem Based Learning) Berbantuanpermainan“Mari Mencari Harta Karun”Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 1526–1535. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.849
Farella, M., Taibi, D., Arrigo, M., Todaro, G., Fulantelli, G., & Chiazzese, G. (2021). An augmented reality mobile learning experience based on Treasure Hunt serious game. Proceedings of the European Conference on E-Learning, ECEL, October, 148–154. https://doi.org/10.34190/EEL.21.109
Fridayanti, Y. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. : : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.114
Hussin, S., Alif, M., & Abdullah, R. (2024). The Impact of Treasure Hunt Games in Enhancing Basic Japanese Vocabulary Retention and Student Motivation through Gamified Learning. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 14(10), 3126–3141. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v14-i10/23200
Khairummuna Indra, Marhan Hasibuan, & Syarifah, S. (2023). Metode Treasure Hunt, Keaktifan siswa Upaya Penggunaan Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Langkat. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 46–48. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.994
Khyoon, A. Y., & Al-khafaji, M. Z. (2024). Treasure Hunt Strategy in Teaching the Literary Elements of James Joyce’s A Portrait of the Artist as a Young Man (1916) : Project – Based Teaching Approach. Journal of College of Education, 56(August). https://doi.org/10.31185/eduj.Vol56.Iss1.3903
Kim, D. W., & Yao, J. T. (2010). A Treasure Hunt model for inquiry-based learning in the development of aweb-based learning support system. Journal of Universal Computer Science, 16(14), 1853–1881. https://doi.org/https://doi.org/10.3217/jucs-016-14-1853
Kurniawati, D. (2020). No Title. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78
Marta, M. A., Purnomo, D., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2025). Konsep Taksonomi Bloom dalam Desain Pembelajaran. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–246. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4572
Munawir, A. (2020). Penguasaan Konsep Arah Mata Angin dengan Metode Treasure Hunt di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 265–272. https://doi.org/10.58230/27454312.36
Nafisah, H., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Permainan Berburu Harta Karun Berbasis Karya Seni Lukis untuk Memfasilitasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2245–2255. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1165
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
Nurita Dwi Rahmawati, L. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
Pasaribu, Z. J., Nurmayani, N., Irsan, I., Karo-karo, D., & Sitohang, R. (2023). Pengaruh Spin Reward Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 3(3), 141–150. https://doi.org/10.51574/jrip.v3i3.1031
Prasetya Santosa, Y. B., & Hidayat, F. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.31540/sindang.v2i2.863
Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
Putri Wulandari, Budiaman, S. (2024). Penerapan Treasure Hunt Sebagai Media Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMPN 57 Jakarta Application of the Treasure Hunt as a Social Studies Learning Media in Increasing Student Activity at SMPN 57 Jakarta. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3853–3857. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Reza Aprianto, Emi Sulistri, R. A. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep IPS di Tinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6, 125–133. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6087
Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Rosamalah, Abd. Kadir, A. E. P. (2023). Pengaruh Metode Permainan Treasure Hunt Terhadap Hasl Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Biru. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 256–265. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Sagala, S. M., Heriadi, M., Ababiel, R., & Nasution, T. (2022). Pendidikan Sejarah Serta Problematika yang Dihadapi di Masa Kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1918–1925. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4992
Sarah Yusnia, Eni Heldayani, J. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Terhadap Mata Pelajaran IPS Materi Barter pada Siswa Kelas III di SD Negeri 091 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.43
Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://eprints.uny.ac.id/65664/
Sri Marwati, S. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasiyang Berkarakter Profil Pelajar Pancasiladalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Matericerita Bergambar Dengan Permainan Treasure Hunt Dan Organizing The Sequence Kelas 1 Sd N 1 Wonokerso. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.17821
Wahjusaputri, S., Sukmawati, W., Nastiti, T. I., & Noorlatipah, V. (2022). Strengthening teacher pedagogical literacy after the Covid-19 pandemic in vocational secondary education in Banten Province. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i2.47119
Yani Suryanti, Avini Martini, T. S. (2022). Penggunaan Metode Treasure Hunt untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Materi Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Cipunagara Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang Tahun. Sebelas April Elementary Education, 1(1), 39–47. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee
Yudistira Prayoga, Sumarwiyah, I. P. (2022). Belajar Kelompok Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Saat Pandemi. Jurnal Educatio Fkip Unma. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2080
Internet
Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Fase E- Fase F untuk SMA/MA/ Program Paket C. 1–20. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.pdf
Sulpico, R. J. (2013). Lesson 5 - The Cone of Experience. EdTech2 Society. https://edtechnology2society.blogspot.com/2013/10/lesson-5-cone-of-experience.html
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

