HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KELAS XI DI SMA LABSCHOOL UNESA 1

Authors

  • Nabila Tasya Agustina Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Mastuti Purwaningsih

Abstract

Pada society 5.0 berdampak pada dunia pendidikan salah satunya yakni penggunaan teknologi yang membantu dalam proses pembelajaran, namun kurangnya eksplorasi guru dalam menggunakan media pembelajaran yang  inovatif dan interaktif sering membuat minimnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini meneliti pengggunaan media pembelajaran Wordwall  dalam proses pembelajaran yang memberikan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif sehingga mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental One-Shot Case Study dengan menggunakan teknik sampling Purposive Sampling dalam pengambilan sampel, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan lembar observasi, angket, serta dokumentasi. Analisis uji yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan perolehan Thitung 9,855 > Ttabel 1,688 yang berati hipotesis diterima serta perolehan uji Product Moment Rhitung 0,861 > Rtabel 0,278 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat pada penggunaan media pembelajarn wordwall dengan minat belajar peserta didik yang dibuktikan dengan peserta didik yang merasa senang dan tidak terbebani ketika menggunakan media pembelajaran Wordwall, dapat berinteraksi dengan teman, dapat memainkan jenis game yang berbeda serta yang menciptakan kemauan belajar pada diri peserta didik yang nantinya diikuti dengan meningkatkan minat belajar peserta didik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Kristanto, A., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Media Pembelajaran.

Penulis, T., Nurlina, :, Hrp, A., Masruro, Z., Siti, Z., Saragih, R., Hasibuan, S. S., & Simamora, T. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. www.penerbitwidina.com

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Susanto, H., & Aswaja Pressindo. (n.d.). Seputar Pembelajaran Sejarah : Isu, Gagasan, Dan Strategi Pembelajaran.

Jurnal

Fadhilaturrahmi, F., Pahlawan, U., Tambusai, T., William, K., & Siahaan, A. (2022). Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan. https://www.researchgate.net/publication/358857481

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i Media Pembelajaran.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? https://www.researchgate.net/publication/241616400

Lestari, A., Rachmawati, D. W., & Toyib, M. (2024). Pengaruh penggunaan media aplikasi Wordwall Game pada mata pelajaran ekonomi terhadap minat siswa di SMA Negeri 2 Sanga Desa. In Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan (Vol. 14, Issue 5).

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Maghfirah, S., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Platform Wordwall Berbasis Website dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. AS-SABIQUN, 4(5), 1481–1498. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2281

Novita, K., & Rahayu, S. (2021). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 87–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Suri, A., Novriana, N., Susanti, D., Training Faculty Students, T., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2022). Improving Student Learning Outcomes With Educational Game-Based Interactive Learning Media. In International Journal of Education and Teaching Zone (Vol. 1, Issue 1).

Trenggono Hidayatullah, M., Asbari, M., Ibrahim, M. I., Hadidtia, A., & Faidz, H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. Journal Of Information Systems And Management, 02(06). https://jisma.org

Wardani, I. R., Immama, M., Zuani, P., Kholis, N., Ali, U., & Tulungagung, R. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitif Lev Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 4).

Internet

Dwi Hadya Jayani. (2021, April 1). 78% Sekolah di Indonesia Masih Belajar Jarak Jauh. 2021.

PISA 2022 Results Factsheets Indonesia PUBE. (2023). https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Siswanto, R. (2022, September 22). Transformasi Digital Dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi.

Wordwall. (n.d.).

Downloads

Published

2025-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 91 , PDF Downloads: 71