PENGARUH METODE BRAINWRITTING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BERPIKIR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 15 SURABAYA
Keywords:
Pembelajaran sejarah, Brainwritting, Berpikir SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap peningkatan kemampuan berpikir sejarah peserta didik kelas XI-6 SMA Negeri 15 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam mengemukakan pendapat secara langsung serta dominasi pembelajaran yang berpusat pada guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui angket, lembar observasi, serta tes pretest-posttest. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, dan uji regresi sederhana menunjukkan pengaruh signifikan sebesar 58% (R square = 0,587). Uji Paired T-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest (signifikansi 0,000 < 0,05). Respon siswa terhadap metode brainwriting mencapai 88% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, metode brainwriting efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir sejarah siswa.
Downloads
References
A. BUKU
Djamarah, S. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta : Rineka Cipta.
Mich H. Endah Sri & M. Wasino. (2022). Metode Penelitian Sejarah. Portal Spada Universitas Sebelas Maret.
Hadi, S. (2016). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hardani, et.al. (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. CV. Pustaka Ilmu Group
Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah Dalam Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ismail Nurdin & Hartati, Sri (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Ismail, M. I. (2019). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Cendekia Publisher.
Jo, Langham & Paulsen, N. (2020). Simulating the Cognitive Leap Using Brainwritting. Design Management Journal,, 15(1), 85-101. .
Kuncoro, H. (2021). Statistika Deskriptif Untuk Analisis Ekonomi. Bumi Aksara.
Michalko, M. (2001). Permainan berpikir (thinkertoys). Bandung: KAIFA.
Neoloka, A. Grace A, (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.
Priadana, M. Sidik, & Denok Sunarsi. (2021) Metode Penelitian Kuantitatif.
Solihatin, E. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS . Jakarta: Bumi Aksara.
Suharso R. (2022). Little Historian Model For Local History Learning . Paramita:Historical Studies Journal, 32(2) 306-314.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar hlm 54.
Widja, I. G. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah : Sejarah Dalam Prespektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.
Wilson, C. (2013). Brainstorming and Beyond: A User-certered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufirman.
Wineburg, S. (2006 ). Berpikir historis: Memetakan masa depan, mengajarkan masa lalu. Yayasan Obor Indonesia.
B. Jurnal Ilmiah
Adiningsih A. & Karkono, (2024). Penerapan Metode Brainwriting terhadap Gambar Berantai pada Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII-A SMP Laboratorium UM. Journal of Language Literature and Arts., 4(1) 52-60.
Ahlaro, S. R. (2020). Kriteria Metode Pembelajaran Yang Baik Dan Efektif. Jurnal Masalah Pastoral, 8(1), 16-29.
Al-Jarrah, T.M., Talafhah, R.H., Mansor, N. (2019). The role of social media in development of English language writing skill at school level. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development,, 8 (1).
Azizati D. Safruddin, & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Metode Brainwriting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pelajaran Ips Kelas V Sdn 20 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 77-88.
Basuni. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Pantun Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas X Sma. Jurnal Ilmu Budaya Universitas Mulawarman Indonesia , Vol 2 no 1.
Bhairawa, A. F. (2020). The Effectiveness Of Brainstroming And Brainwritting Strategies To Teach Writing For Students With High And Low Interest In Academic Year Of 2019/2020. . International Journal Of Scientific And Research Publica.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar,Inovasi, dan Teori. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. 175.
Haryadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Mahasiswa Menulis Artikel Di Media Massa. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 98-103.
H. Endah Sri & M. Wasino. (2022). Metode Penelitian Sejarah. Portal Spada Universitas Sebelas Maret.
Ma'mur, T. (2008). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah melalui historical thinking. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIP UPI.
Masgumelar, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Maufur, H. F. (2020). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Alprin.
Michalko, M. (2001). Permainan berpikir (thinkertoys). Bandung: KAIFA.
Neoloka, A. Grace A, (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.
Nijstad, P. B. (2003). Group creativity: Innovation through collaboration. Oxford University Press.
Nijstad, P. B. (2003). Group creativity: Innovation through collaboration. Oxford University Press.
Nizam, M. K. (2024). Membangun Hubungan Gen Z Yang Berkarakter Melalui Pendekatan Pembelajaran Sejarah. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI], 2(2).
Nurhaqi, B. P. (2018). Persepsi Siswa IPA Kelas XI Terhadap Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Srengat. Avatara: e-journal Pendidikan Sejarah, 6(2) 39-47.
Nurhayati, N. (2015). Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendek DenganMenggunakan Teknik Brainwritting Yang Berorientasi Pada Kreativitas Siswa. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 1(1) 14-26.
Passa, I. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4).
Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, Noviansyah Rizal, Sulistyan Riza Bahtiar Sulistyan. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Widya Gama Press.
Purwanti, T. (2023). Peran Guru Mata Pelajaran Sejarah Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa di SMA Negeri Talaga Raya. Junral Akademik FKIP Unidayan, 45-52.
Qotrunnada, A. (2021). Analisis Kebudayaan dan Sistem Pendidikan Islam Kawasan Asia Tenggara (Indonesia,Malaysia,Thailand). Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2) 73-87.
Riadi, S. K. (2022). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Brainwritting Kelas X. SeBaSa 5(2), 308-320.
Rohenti, H. (2021). Pengaruh Teknik Brainwriting Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Smp Negeri 1 Caringin Kabupaten Sukabumi. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 5-9.
Saksono, H. K. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sari, E. (2018). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X program IPA di SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, 6(3) 79-87.
Sejnost, R. L. (2009). Tools For Teaching In The Block. Corwin Press.
Septiana, P. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(01), 36-48.
Sisilia Deli Adelina, Y. F. (2023). Penerapan Model Brain Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(3), 180-187..
Suharso R. (2022). Little Historian Model For Local History Learning . Paramita:Historical Studies Journal, 32(2) 306-314.
Sugandi, D. (2021). Model Pembelajaran Childern’s Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Tahsinia, 2(2), 107-113.
Sulastri, S. F. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.
Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan , 2(2) 30-46.
Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Historis:Jurnal Kajian Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2) 102-106
Syafriani, Y. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN Kelas III MIN Aceh Besar. Journal UIN Ar-Raniry.
Tindowen, D.J.C., Bassig, J.M., & Caggurangan. J.A (2017) Twenty-First-Century Skills of Alternative Learning System Learners. SAGE Open, 7(3) 1-8
C. Artikel
Afwan, B. S. (2020). Analisis kebutuhan pembelajaran sejarah di era digital. Proceeding Umsurabaya
Anis, M. Z. (2016). Sejarah, Kesadaran Sejarah dan Pupusnya Identitas Nasional.
B.I, A. (2020). Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNa.
Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Baxter, M. (2001:81). Product Design: Practical Methods For The Systematic Development of New Product. United Kingdom: Nelson Thornes Ltd.
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 30
,
PDF Downloads: 32