PENGARUH METODE BRAINWRITTING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BERPIKIR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 15 SURABAYA
Keywords:
Pembelajaran sejarah, Brainwritting, Berpikir SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap peningkatan kemampuan berpikir sejarah peserta didik kelas XI-6 SMA Negeri 15 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam menyampaikan pendapat serta dominasi guru dalam pembelajaran menjadi kendala dalam pengembangan kemampuan berpikir sejarah, khususnya dalam analisis, interpretasi, dan hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap peningkatan kemampuan berpikir sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri15 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan meliputi angket, lembar observasi, pretest-posttest, dan tes berpikir sejarah. Sampel berjumlah 35 siswa dari kelas XI-6 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi, Paired T-Test dan Uji N-Gain. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Uji regresi sederhana menghasilkan signifikansi 0,00 < 0,05 dan R square sebesar 0,587, menandakan pengaruh signifikan brainwriting terhadap kemampuan berpikir sejarah. Uji Paired T-Test juga menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Respon siswa terhadap metode ini mencapai rata-rata 88% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, brainwriting efektif meningkatkan kemampuan berpikir sejarah siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

