PENGARUH METODE BRAINWRITTING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BERPIKIR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 15 SURABAYA

Authors

  • Andani Dwi Wardani Universitas Negeri Surabaya
  • Corry Liana Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran sejarah, Brainwritting, Berpikir Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap peningkatan kemampuan berpikir sejarah peserta didik kelas XI-6 SMA Negeri 15 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam menyampaikan pendapat serta dominasi guru dalam pembelajaran menjadi kendala dalam pengembangan kemampuan berpikir sejarah, khususnya dalam analisis, interpretasi, dan hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap peningkatan kemampuan berpikir sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri15 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan meliputi angket, lembar observasi, pretest-posttest, dan tes berpikir sejarah. Sampel berjumlah 35 siswa dari kelas XI-6 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi, Paired T-Test dan Uji N-Gain. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Uji regresi sederhana menghasilkan signifikansi 0,00 < 0,05 dan R square sebesar 0,587, menandakan pengaruh signifikan brainwriting terhadap kemampuan berpikir sejarah. Uji Paired T-Test juga menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Respon siswa terhadap metode ini mencapai rata-rata 88% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, brainwriting efektif meningkatkan kemampuan berpikir sejarah siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 13