PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERBASIS MEDIA DIGITAL STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS HISTORIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan analisis historis siswa yang masih didominasi oleh pembelajaran konvensional dan minimnya pemanfaatan media digital interaktif. Permasalahan ini mendorong perlunya inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan aktif, kolaborasi, dan berpikir kritis siswa terhadap peristiwa sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran kooperatif STAD berbasis media digital storytelling terhadap kemampuan analisis historis siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerima perlakuan metode STAD berbasis media digital storytelling dan kelas kontrol dengan pembelajaran STAD tanpa media digital storytelling. Instrumen pengumpulan data berupa tes studi kasus yang dirancang berdasarkan indikator historical thinking skills dari Seixas & Morton. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan metode STAD berbasis media digital storytelling terhadap kemampuan analisis historis siswa dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,308. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen meningkat lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi metode kooperatif dan media digital interaktif efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir historis secara kritis dan kontekstual.
Downloads
References
Abbas, S., & Bahri. (2024). Urgensi Historical Thinking bagi Mahasiswa dalam Pembelajaran Sejarah. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(6), 877–885.
Achmadin, B. Z. (2022). Urgensi Historical Thinking Skills Bagi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 96–114. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai
Akbar, I. N., & Nadiar, F. (2022). Literatur Review Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 8(1), 2252–5122.
Alamsyah, M. Y. (2022). Penerapan Pengajaran Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Majalengka. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 5(1), 1–13.
Andreanty, V., Harjono, H. S., & Priyanto, P. (2024). Pengembangan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2810–2823. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016
Anggraini, S., & Yafterson, R. B. (2023). Analisis Kemampuan Siswa dalam Belajar Sejarah di SMA N 2 Padang. Journal on Education, 06(01), 8866–8875. http://jonedu.org/index.php/joe
Anis, M. Z. A., Mardiani, F., & Fathurrahman. (2021). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Model Pembelajaran Berpikir Historis (MPBH) : Antara Nyata Atau Sebuah Asa? Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3), 1–8.
Annisa, Y. N., Hermansah, B., & Ayu, I. R. (2024). Pengembangan Media Digital Storytelling pada Pembelajaran IPS SD untuk Membangkitkan Minat Belajar Generasi Millenial. Journal on Education, 06(02), 11183–11196.
Aras, M. N., Ratnaya, I. G., & Santiyadnya, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMK Negeri 3 Singaraja. JPTE : Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(3), 270–281. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21710%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/21710/9/1915061028-LAMPIRAN.pdf
Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., Herlina, E. S., Wijayanto, P. A., Ma’sum, H., Ndakularak, I. L., Astridewi, S., Sele, Y., Nurmala, I., Mustakim, Waworuntu, A., Sukwika, T., Darmada, I. M., & Pratasik, S. (2023). Media pembelajaran Era Digital. In A. Asari (Ed.), Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). CV. ISTANA AGENCY. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Aseany, L. K. A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 450–460. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681260
Asmara, F. A., Permatasari, R., & Lestari, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 2(2), 47–52. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i2.932
Aulia, N., Syaripudin, T., & Hermawan, R. (2020). Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 5(2), 22–34.
Aupa, E. M., & Yefterson, R. B. (2022). E-Modul Sejarah Indonesia Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kausalitas Peserta Didik. Jurnal Kronologi, 4(2), 540–554. https://doi.org/10.24036/jk.v4i2.461
Bahroni, A., & Zulkarnain. (2024). Studi Komparatif: Tinjauan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 8(2), 195–211.
Budiman, A. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengaruhnya Bagi Kemampuan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri (W. Kurniawan (ed.); 1st ed.). CV. Pena Persada.
Darmi. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Indonesia Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Film Dokumenter Di Sma Negeri 5 Tebo Tahun Pelajaran 2017/2018. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 86–93. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i1.1048
Dzakiyah, A. R., Syamsiah, & Sartikasari, I. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Impelementasi Pembelajaran Berbasis Digital Storytelling pada Materi Metabolisme di Kelas XII IPA SMA Negeri Khusus Keberbakatan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan PembelajaranPengembangan Pembelajaran, 5(3), 652–659.
Fadillah, I. N., & Dini, K. (2021). Digital Storytelling Sebagai Strategi Baru Meningkatkan Minat Literasi Generasi Muda. Journal of Education Science, 7(2), 83–98. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1566
Firmansyah, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 524–532. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30440
Fitriyaningrum, D., & Alrianingrum, S. (2023). Pengaruh Media Youtube Digital Storytelling Terhadap Literasi Sejarah Peserta Didik SMA Negeri 1 Taman. Journal Pendidikan Sejarah, 13(2).
Fortinasari, P. B., Anggraeni, C. W., & Malasari, S. (2022). Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran Kreatif. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 24–32.
Gea, A. I. P. (2015). Seixas, P. y Morton, T. (2013). The big six historical thinking concepts. Nelson: Toronto. Revista de Estudios Sociales, 225–228.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hastuti, H., Basri, I., & Zafri. (2021). Meramu Materi Pembelajaran Sejarah Berlandaskan Analisis Historical Thinking. Diakronika, 21(1), 1–13. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/181
Hutauruk, A. F., Ginting, A. M., Arent, E., & Dabukke, L. (2024). Menganalisis Implementasi Konstruksi Berpikir Historis dalam Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah di Universitas Simalungun. Islamic Education, 4(2), 74–81.
Isnaini, F., & Kurniawan, M. I. (2020). The Concept of STAD (Student Team Achievement Division) Cooperative Learning Model According to Robert E. Slavin. Indonesian Journal of Education Methods Development, 10, 1–11. https://doi.org/10.21070/ijemd.v10i.561
Istihani, S. (2023). Perbedaan Kemampuan Historical Thingking Peserta Didik Antara Cooperative Learning Tipe Index Card Match Dengan Media Wordwall Tipe Find the Match Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ipa Sman 1 Driyorejo. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(2), 1–9.
Juhaeni, Safaruddin, Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Julianingsih, D., & Krisnawati, E. (2020). Efektivitas Video Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 129. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.975
Junaidi, M. (2024). Eksplorasi Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Agama Islam Sebagai Sarana Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Imajinasi Siswa Di SMA N 3 Muara Muntai. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, 3, 707–716.
Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, M. R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran: Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Soeciety 5.0 (Efitra (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lambert, J. (2013). Digital storytelling : capturing lives, creating community / Joe Lambert. – 4th ed. In Routledge.
Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69–81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869
Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266
Martarini, N. M. L., Sastaparamitha, N. N. A. J., & Primandana, P. A. (2020). Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 671–679. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.391
Masykur, M., Aprilia, R. N., Amanda, A. F., & Syafitri, S. (2025). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas II SDN 187/I Teratai Melalui Penggunaan Digital Storytelling Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary School, 12(1), 18–27.
Mukhtar, M. (2023). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif Perspektif Pendidikan Islam. Ameena Journal, 1(2), 162–174.
Naffi’an, I., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(1), 987–992.
Nisa, N., Meihan, A. M., & Purnomo, B. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Dengan Menerapkan Media Pembelajaran Kartu Domino Siswa Kelas XI SMA N 1 Batanghari. KRINOK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 3(3), 22–28. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i3.37755
Nofrianda, E., Febriansyah, A., Setiawan, A., & Wahyudi, S. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal MediaTIK, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.59562/mediatik.v6i2.1402
Nugroho, F., Ismail, & Jayanti, I. N. (2024). Penguatan Keterampilan Berpikir Sejarah Melalui Pendekatan Multidimensional Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 di SMA Labschool Untad Palu. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 4(4), 457–468.
Nurdin, M. F., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Media Instagram Berbasis Storytelling Terhadap Kemampuan Literasi Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4), 1–11.
Nurjanah, W. (2020). Historical Thinking Skils dan Critical Thinking Skills. Historika, 23(1), 92–104.
Ofianto, & Ningsih, T. Z. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 8(1), 15–32. https://doi.org/10.15408/sd.v8i1.20662
Permatasari, B. I., Aridha, P. N., & Ramlawati, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD utuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Intelektium, 4(2), 77–85. https://doi.org/10.37010/int.v4i2.1435
Praselanova, R., & Syafii, M. A. (2021). Pengaruh Digital Story Telling Sebagai Whatsapp Story Efesiensi Peningkatan Dakwah (Studi Kasus Jamaah Persyadha). Wasilatuna: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 43–60. https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v4i1.553
Pratiwi, R. D., Aziz, M. F. A., & Fajriyah, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Peserta Didik Materi Di Bawah Tirani Jepang Kelas XI DKV SMK Itaba Gedangan. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(2), 227–236.
Prawesti, L. N. I., Putro, A. N. S., Pratiwi, M., Wardani, E., Ibrahim, S. M., Saragih, K. F., Srirahmawati, I., Mahmudi, M. A., Zega, N. A., & Fatmawati. (2024). Media Pembelajaran (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.
Purba, N. (2022). Implementasi Resource Based Learning (RBL) dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Historical Thinking Siswa di MAN 1 Padangsidimpuan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 80–93. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.691
Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel model pembelajaran Cooperative Learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01–06.
Putri, K., Sucipto, F., Mawarni, S. D., Solihin, A. H. S., Rachmawati, D., & Sairoh, C. (2025). Optimalisasi Berpikir Historis Melalui Program Pengenalan Lapangan Persekolahan di SMAN 1 Baros untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 317–329.
Putri, N. I., Fadillah, M. R., Putri, A. L., Nurhasanah, A., & Hidayat, A. R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Demokrasi Liberal Kelas Xii IPA 3 Di SMA Negeri 7 Kota Serang. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 4(1), 60–73. https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.29345
Ramadila, C. D., Ramadhani, T. P. L., & Setiyawan, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(3), 176–182. https://doi.org/10.62383/jembatan.v1i3.3096
Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 295–300. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Ratih, M., Sumiyadi, & Nugroho, R. A. (2024). Media Digital Storytelling pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMP di Bandung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3119–3126. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4052
Ratri, S. Y. (2022). Digital Storytelling Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 15–22.
Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Marini, A. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(4), 413–420.
Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 2176–2181. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Safitri, M., Sarman, F., Rosadi, A., Hidayah, N., Kalifah, D. R. N., Dailami, D., Dewi, M., Setiawan, E., Tuerah, P. R., & Atikah, C. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (Sarwandi (ed.); Vol. 01, Issue 01). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Sanjaya, P. A. (2021). Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kontekstual Melalui Pendekatan Regresif Model Problem Based Learning. Candra Sangkala, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jcs.v3i1.33918
Santrock, J. W., & Roehrig, A. d. (2024). Educational psychology. In Educational Psychology (Vol. 62). https://doi.org/10.4324/9780203806197
Sari, S., & Prasetyo, G. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah SMA Negeri 11 Medan. Education & Learning, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1240
Sasmita, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3), 509–521.
Septianingrum, A. D., Safitri, A., & Wahyuningsihi, Y. (2023). Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Karakter di SD Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 77–84. https://doi.org/10.5281/zenodo.7605266
Setiyanto, M. M., Rustamana, A., Fadillah, M. A., & Nurhasanah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kota Serang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 9024–9038.
Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., Basith, A., & Giap, Y. C. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi (M. I. A. Fathoni (ed.); 1st ed., Issue February). CV. AGRAPANA MEDIA.
Shofiyah, L. (2020). STAD-Type Cooperative Learning in IPS Lessons in Elementary School. SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 2251-2256, 3(3), 1–6.
Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif (1st ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Sitio, H., Sihombing, L. N., Panjaitan, M. B., Sinaga, C. V. R., & Silalahi, M. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningktkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Teknologi, 1(2), 221–235. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Slavin, R. E. (2014). Theory and Practice Robert E . Slavin. In Pearson Education.
Sulistiawati, A., & Fiangga, S. (2024). Pengembangan Konten Belajar Digital Berbasis Storytelling Melalui Pendekatan Sejarah Matematika pada Materi Kesebangunan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 37, 185–197. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/6986
Sumarni, E. T., & Mansurdin. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1309–1319. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/598
Suryaningrum, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Kelas Xi Ips Sma Negeri 8 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 12(3), 1–13.
Syahputra, M. I., Purwanta, H., & Djono. (2024). Kompetensi Berpikir Historis Dalam Pembelajaran Sejarah. WIKSA: PROSIDING PENDIDIKAN SEJARAH, 1(2), 229–244.
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.
Tibo, P., & Tarigan, A. M. B. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Siswa SMP ST Yoseph Medan. CREDENDUM: Jurnal Pendidikan Agama, 6(218–232), 480–487.
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. In Harvard University Press. https://doi.org/10.3928/0048-5713-19850401-09
Widawati, R. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Sejarah Berbasis Media Film Dokumenter. Seminar Nasional SAGA# 4, 4(1), 148–158. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/9704
Widianingsih, Y., & Cahyani, I. P. (2020). Digital Storytelling Melalui Media Sosial dalam Aktivitas Kehumasan Pada Perguruan Tinggi Alih Status. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 9(2), 109–118. https://doi.org/10.12928/channel.v8i2.16446
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Wulandari, K., Kusmarni, Y., & Darmawan, W. (2024). Kemampuan Historical Imagination Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 13, 13–22.
Wulandari, T. W., Solohatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). Pengaruh Media Digital Storytelling Kanal Youtube “Gromore Studio Series” Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Materi Hikayat Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E 4 Di Sma Negeri 1 Bayah. DESANTA: Indonesia of Interdiciplinary Journal, 4(1), 90–98.
Zaharatunnisa, & Sari, R. (2023). Menjelajahi Pembelajaran Kooperatif: Konsep dan Implikasi. Diksi: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2, 45–52.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

