Foto Sejarah di Era AI: Peran Literasi Sejarah dalam Ketepatan Analisis Siswa
Abstract
Meningkatnya penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk menghasilkan foto atau gambar sejarah menimbulkan kekhawatiran akan potensi manipulasi yang dapat mengaburkan fakta sejarah. Kondisi ini menuntut siswa memiliki literasi sejarah yang kuat untuk menilai keaslian informasi visual. Namun, studi tentang literasi sejarah siswa dalam konteks analisis foto hasil manipulasi AI masih jarang dilakkan, khususnya yang mengintegrasikan dimensi pengetahuan sejarah, pemahaman konseptual, dan penerapan metode sejarah dalam pembelajaran di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dimensi literasi sejarah dalam membantu siswa menarik kesimpulan yang akurat dari foto sejarah di era AI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui tes analisis foto, observasi dan wawancara mendalam terhadap siswa kelas XI-5 dan X-4 di SMAN 12 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan sejarah merupakan dimensi yang paling dominan dalam mendukung analisis siswa, sementara pemahaman konseptual menjadi yang paling lemah. Penerapan metode sejarah muncul pada sebagian siswa yang melakukan verifikasi atau penalaran kritis terhadap foto. Temua ini menekankan perlunya penguatan pembelajaran sejarah dan literasi digital yang dapat menumbuhkan kesadaran siswa terhadap manipulasi visual di era teknologi AI.
Downloads
References
Buku
Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Kushariyadi, Apriyanto, Herdiana, Y., Asy'ari, F. H., Judijanto, L., Pasrun, Y. P., & Mardikawati, B. (2024). Artificial Intelligence (Dinamika perkembangan AI beserta penerapannya). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nokes, J. D. (2022). Building Students' Historical Literacies (Learning to Read and Reason with Historical Texts and Evidence). New York: Routledge.
Russell, S., & Norvig, P. (2010). Artificial Intelligence: A Modern Approach Third Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (3 ed.). Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Arzomand, K., Rustell, M., & Kalganova, T. (2024). From ruins to reconstruction: Harnessing text-to-image AI for restoring historical architectures. Challenge Journal of Structural Mechanics, 10(2), 69-85. doi:https://doi.org/10.20528/cjsmec.2024.02.004
Duszejko, P., Walczyna, T., & Piotrowski, Z. (2025). Detection of Manipulations in Digital Images: A Review of Passive and Active Methods Utilizing Deep Learning. Applied Sciences, 15(2), 881. doi:https://doi.org/10.3390/app15020881
Herliyani, E., Agustini, K., Sudatha, I. W., Dantes, G. R., Suharta, I. P., & Suartama, I. K. (2024). AI Image Generator in Digital Illustration Creation: A Literature Review. International Journal of Artificial Intelligence Research, 8(1.1), 1-9. doi:https://doi.org/10.29099/ijair.v8i1.1.1235
Kasputra, D. (2023). Menghidupkan Kembali Masa Lalu dengan Artificial Intelegence (AI) untuk Memahami Sejarah dalam Dimensi Baru. National Conference Pascasarjana UNS. 1, pp. 96-103. Surakarta: HIMA Pascasarjana UNS. Dari https://semnaspascauns.com/wp-content/uploads/2024/01/9-DANIL-KASPUTRA-96-103.pdf
Kurniawati, Abrar, Fakhruddin, M., Ayesma, P., & Kartikowati, T. (2022). Penguatan Karakter Melalui Literasi Sejarah Untuk Generasi Muda. Jurnal Perduli, 3(2), 39-54. doi:https://doi.org/10.21009/perduli.v3i02.29079
Kuswandi, A. A., Adah, Abidin, J., Masitoh, I., Hidayat, Y., Oktora, P., . . . Safitri, E. (2022). Pengembangan Literasi Dasar untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita di RA Miftahul Jannah Bagolo Pangandaran. Wahana Edukasi Jurnal PKM Ilmu Pendidikan, 5(1), 115-126. doi:http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v1i21.7778
Maposa, M., & Wassermann, J. (2009). Conceptualising Historical Literacy - A Review of the Literature. Yesterday&Today(4), 41-66. Dari https://scielo.org.za/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S2223-03862009000100006
Martos, E. D., Carlevaris, A. L., Sidola, G. I., & Pesqueira, C. (2024). Automatic Virtual Reconstruction of Historic Buildings Through Deep Learning. A Critical Analysis of a Paradigm Shift. Beyond Digital Representation, 415-426. doi:https://doi.org/10.1007/978-3-031-36155-5_26
Setyonugroho, P., Hidayat, F., & Fauzi, I. A. (2024, Januari). Pendampingan Membangun Literasi Sejarah Melalui History Club di SMA Cendrawasih. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Batasa : Bangun, Cipta, Rasa, & Karsa, 3(1), 13-17. doi:https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i1.2634
Soleha, M. (2023, Juli 27). Pengaruh Kecerdasan Buatan (AI) dalam Merekonstruksi Sejarah pada Akun Instagram @ainusantara. International Conference on Islamic Civilization and Humanities, 289-302. Dari https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/iconfahum/article/download/1323/908/
Virta, A. (2007). historical Literacy: Thinking, Reading and Understanding History. Journal of Research in Teacher Education, 14(4), 11-25.
Voskoglou, M. (2023). Artificial Intelligence and Digital Technologies in the Future Education. Qeios, 1-14. doi:https://doi.org/10.32388/07VE29
Wineburg, S. S. (1991). Historical Problem Solving: A Study of the Cognitive Processes Used in the Evaluation of Documentary and Pictorial Evidence. Journal of Eduactional Psychology, 73-87. doi:https://doi.org/10.1037/0022-0663.83.1.73
Internet
Amaral, M. (2024, Maret 19). AI is creating fake historical photos, and that's a problem. Dari The Colour of Time: https://marinaamaral.substack.com/p/ai-is-creating-fake-historical-photos
Balkowitsch, S., & Ascherman, H. (2023, April 24). AI Imagery May Destroy History as We Know It. Dari PetaPixel: https://petapixel.com/2023/04/24/a-i-imagery-may-destroy-history-as-we-know-it/
Donovan, M. (2023, April 11). How AI is helping historians better understand our past. Dari MIT Technology Review: https://www.technologyreview.com/2023/04/1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 2
,
PDF Downloads: 2