PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG
Keywords:
Course Review Horay, Media Wordwall, Hasil Belajar, Pembelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sejarah peserta didik yang disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan metode dan media pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan didominasi oleh peran guru membuat interaksi di kelas menjadi pasif, sehingga peserta didik kurang terlibat secara aktif dalam memahami materi. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih menarik dan partisipatif dalam pembelajaran sejarah. Model Course Review Horay yang mengedepankan kerja sama kelompok dan suasana belajar yang menyenangkan, ditambah dengan pemanfaatan media Wordwall yang interaktif, diyakini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat, keterlibatan, dan pemahaman peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan model Course Review Horay berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar sejarah peserta didik kelas X di SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas X TKR yang dipilih dengan teknik random sampling. Peneliti menggunakan instrumen berupa soal pretest dan posttest pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, serta angket respon peserta didik untuk mengetahui tanggapan terhadap model dan media yang digunakan. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, serta uji Hipotesis denga uji regresi linear sederhana. Penelitian ini mengacu pada teori konstruktivisme Vygotsky yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam mengembangkan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model Course Review Horay berbantuan media Wordwall, dengan nilai signifikansi uji regresi sebesar 0,000 (sig < 0,05) dan nilai R Square sebesar 0,564, yang menunjukkan bahwa kontribusi model terhadap hasil belajar mencapai 56,4%. Dengan demikian, penerapan model Course Review Horay berbantuan media Wordwall terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik.
Downloads
References
A. Buku
Huda, Miftahul. 2019. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas. 2016. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Syah, Muhhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo.
B. Jurnal
Kratochvil, Tomas, Martin Vaculik, and Martin Macak. 2023. “Gamification Tailored for Novelty Effect in Distance Learning during COVID-19.” Frontiers in Education 8(February):1–11. doi: 10.3389/feduc.2023.1051227.
Lubis, Dwi Muthia Ridha, Elawati Manik, Mardianto, and Nirwana Anas. 2021. “Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Islamic Education 1(2):68–73. doi: 10.57251/ie.v1i2.72.
Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0 5(1).
Novera, Ellya. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar”.” Jurnal Basicedu 5(6).
Pratiwi, Nanda Eka, Maulidah Rifa’atul, and Endang Surahman. 2023. “Pengaruh Model Course Review Hooray Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Pada Materi Gerak Lurus.” Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP) 3(1):30–39. doi: 10.23971/jpsp.v3i1.4713.
Rochmah, Novita. 2023. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Gaya Dan Gerak Menggunakan Model Course Review Horay”.” Educatif: Journal of Education Research 5(1).
Safitri, Wulandari. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Cycle 7e Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik”.” Lampung, Lampung.
Sari, Rozi Novita Ranti Nazmi, and Zulfa. 2021. “Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X MIPA SMA 2 Lubuk Basung”.” Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah 6(2).
Sayono, Joko, and Joko. 2015. “Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis”.” Jurnal Sejarah Dan Budaya 7(1).
Selviana, Sella, Didik Himmawan, and Naelul Muna. 2022. “Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu.” Journal Islamic Pedagogia 2(1):1–10.
Sinaga, Yunita Margareta, and Robert Harry Soesanto. 2022. “Upaya Membangun Kedisplinan Melalui Media Pembelajaran Wordwall Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(2):1845–57.
Suherman, Maman. 2024. “Peran Pendidikan Vokasi Dalam Melahirkan Wirausahawan (Studi Kasus Peserta Didik SMK Negeri 1 Cikalongkulon Kabupaten Cianjur)”.” Edukasia (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 858
,
PDF Downloads: 16