Mengatasi Sejarah yang Monoton: Pengembangan dan Evaluasi Media "Virsa" (Virtual Reality Sejarah Interaktif) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Achmad Fuadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan kesulitan siswa dalam memvisualisasikan peristiwa sejarah yang abstrak dan monoton. Penelitian pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran “Virsa” (Virtual Reality Sejarah Interaktif) pada materi Kerajaan Mataram Islam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari tiga validator ahli (dosen dan guru sejarah) serta 36 siswa kelas X di SMAN 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media “Virsa” dinyatakan Sangat Layak oleh ahli (materi 90,88%; media 85,83%). (2) Media ini terbukti Sangat Praktis menurut siswa (100% setuju kemudahan penggunaan). (3) Media ini terbukti Efektif dalam meningkatkan minat belajar (97.3% siswa lebih tertarik). Disimpulkan bahwa media “Virsa” layak, praktis, dan efektif digunakan untuk mengatasi masalah visualisasi abstrak dan meningkatkan minat siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0