Mengatasi Sejarah yang Monoton: Pengembangan dan Evaluasi Media "Virsa" (Virtual Reality Sejarah Interaktif) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan kesulitan siswa dalam memvisualisasikan peristiwa sejarah yang abstrak dan monoton. Penelitian pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran “Virsa” (Virtual Reality Sejarah Interaktif) pada materi Kerajaan Mataram Islam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari tiga validator ahli (dosen dan guru sejarah) serta 36 siswa kelas X di SMAN 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media “Virsa” dinyatakan Sangat Layak oleh ahli (materi 90,88%; media 85,83%). (2) Media ini terbukti Sangat Praktis menurut siswa (100% setuju kemudahan penggunaan). (3) Media ini terbukti Efektif dalam meningkatkan minat belajar (97.3% siswa lebih tertarik). Disimpulkan bahwa media “Virsa” layak, praktis, dan efektif digunakan untuk mengatasi masalah visualisasi abstrak dan meningkatkan minat siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0