PENGARUH METODE INDEKS CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT-LAMONGAN
Abstract
Abstrak
Masalah kualitas pendidikan sangat berkaitan dengan kualitas pembelajaran, sebab kegiatan pembelajaran merupakan salah satu bentuk implementasi dari pendidikan di sekolah, termasuk mata pelajaran sejarah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya interaksi antara guru dan siswa. Pada umumnya guru mengajarkan sejarah dengan berceramah, membacakan kembali cerita yang ada di buku siswa yang sebenarnya siswa bisa membaca sendiri materi tersebut dan menekankan pada menghafalkan nama serta tanggal guna menyelasaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran indeks card match terhadap hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam pembelajaran ini, siswa dilatih untuk mengikuti pembelajaran sejarah dengan aktif yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Desain penelitian menggunakan true experimental design. Setelah melalui uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa varians populasi berdistribusi normal dan homogen. Sampel penelitian dipilih secara random sampling. Berdasarkan hasil analisi pada tiga aspek hasil belajar siswa melalui uji t diperoleh nilai signifikansi masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol berdasarkan penilaian pengetahuan (0.042< 0.05) ,keterampilan (0,000< 0.05) dan sikap (0,000 < 0.05) maka dapat dikatakan Ha diterima Ho ditolak dan nilai rata-rata postest hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibanding kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode indeks card match berpengaruh pada hasil belajar siswa di SMAN Muhammadiyah 1 Babat.
Kata kunci: metode pembelajaran index card match, Hasil Belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

