PENGARUH METODE INDEKS CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT-LAMONGAN

Authors

  • NAILA HIMMATAL A

Abstract

Abstrak

Masalah kualitas pendidikan sangat berkaitan dengan kualitas pembelajaran, sebab kegiatan pembelajaran merupakan salah satu bentuk implementasi dari pendidikan di sekolah, termasuk mata pelajaran sejarah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya interaksi antara guru dan siswa. Pada umumnya guru mengajarkan sejarah dengan berceramah, membacakan kembali cerita yang ada di buku siswa yang sebenarnya siswa bisa membaca sendiri materi tersebut dan menekankan pada menghafalkan nama serta tanggal guna menyelasaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran indeks card match terhadap hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam pembelajaran ini, siswa dilatih  untuk  mengikuti pembelajaran sejarah dengan aktif yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa.  Desain  penelitian menggunakan  true  experimental  design.  Setelah  melalui  uji  normalitas  dan  homogenitas  diperoleh  bahwa varians  populasi  berdistribusi  normal  dan  homogen.  Sampel  penelitian  dipilih  secara  random  sampling. Berdasarkan hasil analisi pada tiga aspek hasil belajar siswa melalui uji t diperoleh nilai signifikansi masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol berdasarkan penilaian pengetahuan (0.042< 0.05) ,keterampilan (0,000< 0.05) dan sikap  (0,000 < 0.05) maka dapat dikatakan  Ha diterima Ho ditolak dan nilai rata-rata postest hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibanding kelompok kontrol.  Dengan demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  metode indeks card match berpengaruh pada hasil belajar siswa di SMAN Muhammadiyah 1 Babat.

Kata kunci: metode pembelajaran index card match, Hasil Belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-13
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 99