PERAN PMI PROVINSI JAWA TIMUR DALAM PELAYANAN RESTORING FAMILY LINKS (RFL) TAHUN 2005-2011 DI JAWA TIMUR

  • NAJAHAH

Abstract

ABSTRAK

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan lembaga kemanusiaan yang netral dalam melaksanakan kegiatannya, tidak membedakan jenis kelamin, ras, agama dan sebagainya. PMI adalah salah satu lembaga yang menerapkan program pelayanan Restoring Family Links (RFL) atau pemulihan hubungan keluarga. Dalam perkembangannya PMI Provinsi Jawa Timur juga menerapkan pelayanan RFL. Tahun 2006 yang dulunya bernama Tracing and Mailing Service (TMS) berganti menjadi Restoring Family Links (RFL). Terjadinya bencana, konflik serta kondisi kemanusiaan lain seperti adopsi, migrasi. Hal ini mendorong penduduk mengalami penderitaan, kehilangan anggota keluarga mengakibatkan anggota keluarga lain tidak mengetahui dimana dan dengan siapa keluarga mereka. Jawa Timur merupakan daerah yang rawan bencana sehingga sangat dibutuhkan usaha dalam memulihkan hubungan keluarga.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, diambil dua rumusan masalah (1) Apa latar belakang Palang Merah Indonesia menerapkan program pelayanan Restoring Family Links di Jawa Timur; (2) Bagaimana Peran PMI Jawa Timur dalam pelayanan Restoring Family Links tahun 2005-2011 di Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah metode sejarah meliputi heuristik, yaitu mengumpulkan sumber primer dan skunder. Selanjutnya melakukan uji validitas sumber dengan kritik intern yang berguna untuk menyeleksi sumber menjadi fakta. Fakta-fakta tersebut kemudian diinterpretasikan dengan cara mencari hubungan antar fakta. Terakhir yaitu historiografi atau penulisan sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui latar belakang Palang Merah Indonesia menerapkan program pelayanan Restoring Family Links di PMI Provinsi Jawa Timur dan mengidentifikasi, menganalisis Peran PMI Provinsi Jawa Timur dalam program pelayanan Restoring Family Links tahun 2005-2011 di Jawa Timur.

PMI Provinsi Jawa Timur sudah menerapkan pelayanan RFL sejak tahun 1960. RFL PMI Provinsi Jawa Timur memiliki peran penting yaitu (1) mengontrol serta mengkoordinir relawan/petugas RFL di seluruh cabang di Jawa Timur; (2) sebagai jaringan RFL Nasional yang berada di seluruh masing-masing daerah. RFL mempunyai dua kategori dalam melakukan pelayanan yaitu pelayanan dalam masa normal yaitu Red Cross Message (RCM), Tracing Request (TR) dan masa tanggap darurat bencana yaitu manajemen jenazah, saya selamat dan saya mencari, satellit phone (Telepon Satelit), anak tanpa pendamping dan reunifkasi. Pelayanan RFL PMI Provinsi Jawa Timur tahun 2005-2011 melakukan pelayanan dalam masa normal yaitu  Red Cross Message (RCM) atau Berita Palang Merah, Tracing Request (TR) atau Permohonan Pencarian.

Kata kunci : PMI, pelayanan RFL, di Jawa Timur.

Published
2014-06-09
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 343